Seperti apa pengobatan di tahun 2025 nanti?

Dilihat 214 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ini adalah jawaban yang telah saya berikan (dua tahun lalu) untuk pertanyaan "Seperti apa pengobatan dalam 20 tahun mendatang?". Itu lebih jauh daripada 2025, tapi itu mungkin membantu anda melihat kemana arah perkembangannya. Saya bisa menjawab pertanyaan ini, setidaknya secara spekulatif, dari perspektif praktik klinik dan teknologi medis.


Sisi lain dari "kemana arah pengobatan" adalah pertanyaan tentang sistem pelayanan kesehatan, reimbursement, dll. Untuk mengatasi hal itu, jelas beberapa reformasi dalam layanan kesehatan akan menghasilkan sebuah konsolidasi infrastruktur yang mengundang pasien untuk datang serta mengelola mereka. Infrastruktur begitu membengkak dan mahal harganya, menambah biaya yang tidak diperlukan yang tak mampu ditopang baik oleh pemerintah maupun individu. Ini bukan berarti saya memprediksi arahnya akan menjadi sistem pembayaran satu pintu -- itu hanyalah satu persepsi solusi untuk masalahnya. Terlalu banyak biaya yang dikeluarkan dalam layanan kesehatan yang tidak menawarkan manfaat bagi segi kualitas; ya memang, harga yang begitu tinggi adalah penghalang untuk kualitas. Dana yang dialirkan untuk infrastruktur (perusahaan asuransi dan perusahaan perantara lainnya serta kebutuhan yang mereka bebankan pada layanan kesehatan bertentangan dengan kualitas layanan). Jadi, apakah itu Obamacare, sistem pembayaran satu pintu, layanan kesehatan yang diatur pemerintah (pertukaran) atau bentuk-bentuk lainnya yang belum diketahui, akan ada perubahan dalam cara pelayanan kesehatan diberikan dari perspektif biaya/manajemen.


Dari segi praktik klinik dan teknologi, akan ada perubahan sangat besar pada layanan kesehatan. Ini beberapa contoh tentang apa yang saya lihat dari pengamatan saya terhadap tren dalam praktik klinik dan perkembangan teknologi medis.:

Tingkat kelangsungan hidup kanker dalam 5 tahun, akan, untuk berbagai kanker, menjadi lebih dari 90%. Kanker akan bertransformasi besar-besaran sehingga bisa diatasi secara efektif dengan melakukan pembedahan, imunologi, kemoterapi dan intervensi lainnya, pada banyak kasus-kasus penyakit kronis.

Diabetes tipe 1 akan diatasi dengan sebuah "pankreas buatan", glukometer loop tertutup dan pompa insulin yang bisa mengatur kadar gula darah sendiri. ATAU, stem cell atau terapi sel lainnya mungkin akhirnya sukses memulihkan produksi insulin normal dan metabolisme glukosa pada pasien tipe 1. Peluangnya menjadi lebih baik dimana pankreas buatan yang praktis dan terjangkau akan dikembangkan daripada terapi stem atau sel lainnya, namun kedua teknologi tersebut sedang berkembang agresif dan akan mencapai kesuksesan besar dalam 20 tahun mendatang.

Diabetes tipe 2 akan menjadi masalah signifikan yang diatur oleh dinamika yang berbeda ketimbang tipe 1. Akan ada banyak sekali bukti-bukti yang ada yang menunjukkan berkurangnya insiden tipe 2 secara dramatis yang terkait dengan penanganan obesitas (bypass lambung, obat untuk kenyang, dll) yang akan mengurangi pertumbuhan prevalensi tipe 2 ini, namun riset-riset farmakologi atau terapi lainnya mungkin paling bagus hanya mencapai kemajuan yang tidak terlalu jauh. Masalahnya akan mereda dalam hal kompleksitasnya untuk manifestasi tipe 2 yang berbeda-beda, serangan akhir pada pasien-pasien yang resisten terhadap perubahan gaya hidup dan epidemi global yang akan menghadapi meluasnya teknologi baru dan praktik klinis pada populasi dunia ketiga.


Terapi sel dan rekayasa jaringan akan menawarkan begitu banyak solusi bagi kondisi-kondisi yang saat ini ditangani dengan kurang baik. Di bawah ini adalah sebuah ilustrasi dari luasnya aplikasi yang saat ini tersedia atau sedang dalam tahap pengembangan, sebuah daftar yang akan berkembang (sejauh kesuksesannya masing-masing) dalam 20 tahun mendatang.


Terapi gen akan menjadi satu opsi bagi mayoritas penyakit dengan latar belakang genetik (khususnya penyakit turunan) dan akan menawarkan opsi klinis bagi kondisi-kondisi non-turunan. Kemajuan dalam analisa pewarisan genetik dan dalam ekspresi gen juga akan mengijinkan intervensi yang lebih maju untuk memperbaiki ataupun mencegah serangan penyakit genetik.


Perkembangan obat akan lebih mutakhir, mengurangi waktu proses pengembangan sebuah obat dan biaya yang dikeluarkan, menghasilkan obat-obatan yang jauh lebih efektif secara klinis (dan sedikit efek samping). Hal ini berasal dari evaluasi kandidat obat melalui sistem pemrosesan terdistribusi (atau sistem komputer kuantum) yang bisa memprediksi kemanjuran dan efek samping dari sebuah obat tanpa kebutuhan akan pengujian pada hewan atau manusia yang begitu mahal dan melelahkan.


Sebagian besar prosedur pembedahan akan mencapai kemampuan non-invasif. Pembedahan endoskopis translumenal lubang alami akan menciptakan pembedahan yang sangat mutakhir tanpa harus dilakukan insisi pada abdomen atau lokasi (eksternal) lain. Teknologi seperti "pisau gamma", terapi fotodinamik dan lain-lain akan mampu menghancurkan tumor atau mengikis jaringan patologi dengan cara benar-benar bersifat eksternal, sistem berbasis energi.


Teknologi informasi akan secara radikal meningkatkan manajemen pasien. Rekam medis elektronik pasien yang sangat mutakhir akan secara dramatis meningkatkan layanan pasien melalui reduksi kontraindikasi, sistem prediktif digunakan untuk mengatur penyakit dan risikonya secara proaktif, dan sangat membantu pembuatan keputusan dokter dalam hal diagnosa dan penanganan pasien.


Sistem biologi akan mendasari kebanyakan kemajuan medis masa depan dalam 20 tahun mendatang. Sistem biologi adalah sebuah disiplin ilmu yang fokus pada pemahaman terintegrasi dari biologi sel, fisiologi, genetik, kimia, dan ilmu-ilmu medis dan sains lainnya yang begitu luas. Ia merepresentasikan suatu pengenalan implisit pada organisme sebagai sebuah perwujudan dari sistem multi-organ, interdependen dan proses-prosesnya, dengan begitu patologi serta kesehatan tubuh dipahami dari perspektif penjumlahan total antara masalahnya dengan dampak dari solusi-solusinya.


Akan ada lebih banyak lagi kemajuan medis yang dicapai dalam 20 tahun, banyak yang tumbuh dari penelitian yang mungkin bahkan belum bisa dibayangkan. Akan tetapi kemajuan-kemajuan yang disebut diatas dilatarbelakangi oleh penelitian aktual dan/atau kemajuan-kemajuan yang sudah muncul dari riset tersebut.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang