Bagaimana cara menghancurkan batu ginjal?

Dilihat 655 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak semua orang merasakan penyakit ini. Bagi kalian yang belum pernah merasakannya, saya kira kalian sangat beruntung. Terkadang tubuh kita mungkin masih bertahan jika kita melakukan beberapa hal yang bisa menyebabkan tubuh kita sakit atau terganggu sistem kerjanya. 


Tetapi jika semuanya berjalan secara terus-menerus dan anda mengabaikan tingkat batas tubuh anda bisa menerimanya, anda akan merasakan penolakkan tubuh, berupa sakit yang amat sangat sama halnya ketika saya merasakan penyakit batu ginjal. 


Saya memilih operasi untuk menyembuhkan penyakit saya karena batu ginjal saya cukup parah, namun saya mengetahui berbagai cara menghancurkan batu ginjal yang juga direkomendasikan oleh dokter. 


Dalam artikel ini, saya akan berbagi informasi tentang penyebab batu ginjal dan ciri-ciri penyakit batu ginjal yang akan berguna bagi pengetahuan anda. 


Penyakit batu ginjal


Penyakit Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal adalah suatu keadaan di mana adanya batu-batu kecil yang terdapat dalam ginjal sehingga dapat menghambat kerja ginjal saat akan melakukan sekresi urin. 


Batu-batu kecil tersebut terbentuk akibat sisa zat-zat limbah di dalam darah yang mengendap dan akan membentuk kristal seiring berjalannya waktu yang biasanya tanpa penderitanya sadari yang akan menyebabkan batu ginjal. 


Biasanya, penyakit ini lebih sering menyerang pria dari pada wanita, terlebih seseorang yang sudah memasuki usia 30-60 tahun. Batu ginjal biasanya disebabkan oleh makanan dan juga masalah kesehatan lainnya. 


Berdasarkan jenisnya, batu ginjal terbagi menjadi empat macam yaitu batu asam urat, batu kalsium, batu sistin, dan batu struvit. 


Penderita batu ginjal


Ciri-Ciri Penyakit Batu Ginjal

Jika anda menanyakan bagaimanakah rasanya menderita penyakit batu ginjal? 


Rasanya sangat menyakitkan. Jika anda pernah ditusuk berulang-ulang di perut atau petir menyambar terus-menerus ke perut anda, anda bisa membayangkan sakitnya seperti apa. 


Rasanya seperti kram yang dimulai dari bawah perut dan kemudian pelan-pelan, tapi pasti, bergerak ke sekitar punggung dan menguasai seluruh bagian tengah tubuh anda. 


Anda tidak benar-benar tahu apa, tapi anda bisa merasakan tubuh anda sedang mengalami kesulitan yang parah. Saya pikir organ dalam tubuh saya rusak atau meledak. Bagi saya, sakitnya itu sangat menyakitkan, reaksi awal yang saya alami adalah muntah berulang-ulang. 


Sulit bagi saya ketika itu untuk bergerak karena rasa sakit yang mengunci semua otot saya. Saya pernah melakukan dua kali operasi untuk menghilangkan batunya yang telah terbentuk dikedua ginjal saya. Batu itu terlalu besar untuk keluar dari ureter dan menyebabkan urin dan yang lainnya tertahan.


Gejala batu ginjal



Selain gejala yang saya rasakan di atas ternyata munculnya gejala batu ginjal pada setiap orang bisa saja berbeda berdasarkan respon tubuh dan juga tingkat keparahan batu ginjal yang diderita. 


Berikut adalah ciri-ciri penyakit batu ginjal yang umumnya juga terjadi pada penderita batu ginjal:


  • Lebih sering buang air kecil 
  • Rasa sakit di belakang atau di perut bagian samping
  • Mual dan muntah
  • Sakit terus-menerus di sekitar punggung bagian bawah
  • Terdapat darah dalam urin
  • Urin berwarna tidak normal (merah muda, merah, atau coklat)
  • Urin terlihat keruh dan berbau busuk
  • Kesulitan buang air kecil 
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil

Cara menyembuhkan batu ginjal


Cara Menyembuhkan Batu Ginjal


Penyembuhan batu ginjal berarti menyingkirkan batu-batu kecil yang terdapat pada ginjal yang menjadi penyebab terhambatnya kinerja ginjal saat akan menyalurkan urin. 


Dalam kondisi yang sangat parah, seperti yang saya pernah rasakan, batu ginjal yang ada dalam tubuh saya cukup besar sehingga tidak bisa keluar dari saluran ureter dengan sendirinya. 


Untuk itu, satu-satunya pengobatan yang bisa saya lakukan adalah dengan melakukan operasi. Namun ketika ukuran batu ginjal masih belum terlalu parah, ada beberapa cara menghancurkan batu ginjal yang bisa dilakukan sendiri oleh penderita tanpa perlu melakukan operasi.


Banyak minum air putih

Tentu saja dokter akan memberi tahu anda beberapa di antaranya dan kini akan saya jelaskan pada anda satu-persatu:


1. Banyak Minum Air Putih


Salah satu hal yang akan disarankan oleh dokter yang menangani anda, jika anda tidak memerlukan operasi untuk mengobati penyakit batu ginjal anda adalah minum banyak air putih. 


Meminum banyak air putih bisa menjadi salah satu cara melarutkan batu ginjal anda sehingga batu ginjal menjadi lebih kecil dan bisa melewati saluran ureter tanpa terhambat. 


Dalam kasus ini anda harus minum sebanyak 2,8 liter per hari agar hasilnya lebih cepat terlihat. Untuk mengetahui apakah anda sudah banyak meminum air, perhatikan saja warna urin anda. Jika warna urin anda berwarna jernih itu berarti anda sudah banyak meminum air.



2. Mengurangi Makanan Mengandung Garam dan Protein


Cara menghancurkan batu ginjal tanpa operasi yang selanjutnya adalah mengurangi asupan makanan yang mengandung garam dan protein. 


Jadi di samping anda harus meminum banyak air, anda juga harus mengikuti anjuran ini. Mengapa makanan yang mengandung garam dan protein dilarang? Garam bisa meningkatkan kalsium dalam urine, sedangkan protein bisa meningkatkan oksalat, kalsium, dan juga asam urat dalam urine. 


Protein yang berasal dari daging juga dapat meningkatkan kadar sulfur dalam darah yang akan menambah buruk keadaan penderita batu ginjal.


Menfaat air lemon

3. Minum Air Lemon


Untuk mendampingi air putih, anda disarankan untuk meminum air lemon yang memang bermanfaat untuk memecahkan batu ginjal. Air lemon mengandung asam sitrat yang bisa membantu memecahkan batu berbasis kalsium dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk melewati saluran ureter bersama urin. 


Untuk mendapatkan hasilnya, anda harus meminum air lemon sebanyak 125 ml setiap harinya.



4. Mengonsumsi Serat


Hal yang harus anda perhatikan ketika anda sedang berusaha untuk menghancurkan batu ginjal adalah jumlah asupan serat dalam makanan anda setiap harinya. 


Makanan berserat adalah makanan yang bagus untuk penderita batu ginjal. Makanan yang kaya serat mengandung fitat yang berkhasiat untuk mengurangi kristalisasi garam kalsium sehingga mencegah pembentukkan batu ginjal. Tambahkan beberapa menu sehat kaya serat dalam asupan anda sehari-hari seperti gandum, apel, brokoli, bayam, dan lain sebagainya.


Melakukan olahraga ringan

5. Rajin Berolahraga


Ketika anda sedang mengobati batu ginjal bukan berarti anda menjadi malas untuk bergerak dan tidak melakukan aktivitas apa-apa. 


Anda setidaknya harus menggerakkan tubuh atau lebih baik melakukan olahraga ringan secara rutin. Hal ini dapat membantu batu ginjal anda bergerak sehingga membuatnya mudah untuk dibuang bersama urin. 


Usahakan setiap hari anda melakukan beberapa gerakan olahraga ringan, jika anda merasakan sakit anda karena batu ginjal yang bergerak di dalam saluran kemih, anda bisa beristirahat sejenak dan mulai kembali ketika anda tidak merasakan kesakitan lagi.


-


Itulah beberapa penjelasan tentang penyakit batu ginjal dan bagaimana pengalaman saya mengalami penyakit ini hingga saya sembuh. Meskipun sudah sembuh, penyakit ini bisa saja terulang kembali jika anda tetap tidak memperhatikan kesehatan dan juga menjaga pola makan anda. 


Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk seperti menahan buang air kecil terlalu lama yang akan menyebabkan urin membentuk kristal dan menjadi penyebab batu ginjal


Jangan khawatir karena memang penyakit ini sering di alami setiap orang dan mudah untuk disembuhkan namun bagi anda yang belum pernah merasakannya, lebih baik jangan pernah ingin terkena penyakit ini. 


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang