Seperti apa rasanya mengalami katarak?

Dilihat 519 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Seperti apa rasanya bergantung pada tipe dan keparahan/kepadatan katarak. Selagi memang benar orang-orang dengan katarak ringan bahkan tidak sadar mereka memiliki masalah tersebut, katarak secara umum menyebabkan penglihatan buram (tanpa iritasi apapun, robek dll yang dikarenakan masalah mata lainnya). Penglihatan buram ini bisa disadari lebih awal kalau pasien memiliki gaya hidup yang menuntun penglihatan, atau kalau kataraknya itu 'simetris' yaitu lebih parah di salah satu mata saja. 

Satu jenis katarak paling umum adalah katarak 'sklerotik nuklir'. (tidak, tidak ada awan jamur dengan yang satu ini!) Tipe katarak ini berupa kekuningan sampai ke coklatan warnanya dan menyebabkan kerabunan yang menjadi semakin parah saat semakin padat. Jadi, orang-orang yang dulunya memiliki penglihatan jarak jauh yang baik sekarang menjadi rabun dan menemukan mereka bisa membaca tanpa kacamata baca! Namun, penglihatan jarak jauh akan semakin buram dan buram. Mereka bahkan mungkin harus mengubah resep kacamata mereka setiap beberapa bulan. Terkadang jenis katarak ini juga menyebabkan penglihatan berganda atau berlipat tiga dengan satu mata saja. 

Jenis katarak lain adalah katarak 'posterior subkapsular'. Jenis ini menyebabkan gejala penglihatan kesilauan yang lebih buruk pada cahaya terang atau ketika ada sumber cahaya yang terang dari depan. Katarak 'matang' berubah menjadi putih, dan secara tipikal pada waktu ini, penglihatan akan sangat buruk-mungkin dengan seseorang hanya dapat melihat gerakan tangan atau perbedaan antara terang dan gelap. Di tahap ini, ada resiko tekanan mata sekunder ('fakolitik' atau fakomorfik' glukoma) dengan rasa sakit pada mata dan kemerahan. 

Berbicara secara umum, tipe katarak ini terlihat pada orang-orang yang berhenti mengunjungi dokter mata untuk waktu yang sangat lama-biasanya memakan waktu bertahun-tahun dari serangan katarak hingga berproses ke tahap ini. Banyak kali, bagaimanapun kepadatan katarak, penglihatan akan kembali normal setelah operasi katarak. Melakukan operasi memberikan kita kesempatan untuk mengurangi kekuatan pemandangan dan ketrergantungan penglihatan-untuk membuat hal-hal menjadi lebih baik dari sebelumnya. 


Disclaimer: Jawaban ini bukanlah pengganti anjuran medis profesional.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang