Seperti apa rasanya menjadi kapten kapal pesiar?

Dilihat 6,14 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kapal pesiar merupakan kapal yang mewah dari banyak sisi mulai dari permesinannya, desain eksterior dan interiornya, serta berbagai fasilitas yang ditawarkan di dalamnya. Sebagai kapal yang dirancang untuk berlibur dan bersenang-senang maka dapat dipastikan bahwa para penumpangnya adalah orang-orang yang kaya raya dan banyak uang. 


Bayangkan, betapa banyak acara hiburan yang disajikan serta segala macam hidangan lezat dan mahal serta akomodasi mewah yang ditawarkan. Menjadi kapten kapal yang mengomando seluruh urusan dari sebuah kapal pesiar adalah pekerjaan yang hebat, luar biasa, dan diidam-idamkan oleh banyak orang. Dan pastinya akan memberikan pengalaman dan rasa yang luar biasa dan sangat mengesankan.


Salah satu pekerjaan yang memberikan penghasilan besar adalah menjadi kapten kapal pesiar. Jangankan menjadi kaptennya, bekerja sebagai kelasi atau Room Boy di kapal pesiar sungguh memberi pengalaman yang menyenangkan. Bisa berkeliling dunia, mengawasi banyak hal mulai dari mesin, navigasi, kemudian juga aktivitas di dalam kapal itu sendiri. Sekilas bekerja di kapal pesiar memang tampak mengasyikkan, menyenangkan, dan menguntungkan. 


Namun ada juga sisi buruknya, ada juga kerugiannya. Di bawah akan sedikit dibahas tentang keuntungan dan kerugian bekerja di kapal pesiar sebagai seorang kapten.


kapal pesiar di sabang


Apakah keuntungan bekerja sebagai kapten kapal pesiar?


Di antara sekian jenis keuntungan menjadi kapten kapal pesiar yang paling utama adalah soal gaji. Jangan ditanya soal gaji kapten kapal pesiar yang bisa dibawa pulang, sudah pasti sangat besar. Tetangga saya yang bekerja di sebuah kapal pesiar bercerita banyak tentang beragam fasilitas yang diterima oleh para pekerja. Meski hanya sebagai kelasi dia mampu membeli banyak barang mewah mulai dari mobil, perabotan rumah tangga sampai membangun rumahnya sendiri. Semua itu dia dapatkan dari gaji sebagai kru kapal pesiar. Dari situ kita bisa bayangkan seberapa besar gaji seorang kapten dari sebuah kapal pesiar.


Keuntungan selanjutnya adalah dengan menjadi kapten sebuah kapal pesiar kita bisa berkeliling dunia secara gratis. Ada banyak tempat indah yang bisa dikunjungi baik di dalam maupun di luar negeri. Jika Anda penggemar pantai jangan ditanya lagi, sudah pasti akan banyak sekali pantai indah dan eksotis yang akan dikunjungi. 


Keuntungan berikutnya adalah banyak relasi orang penting yang akan dimiliki jika bekerja sebagai kapten kapal yang mewah seperti itu. Di sebuah kapal pesiar yang ditumpangi oleh orang-orang penting dari berbagai kalangan entah itu pebisnis, politikus, olahragawan dan lain-lain, Anda akan senantiasa bersiap-siaga untuk mereka hubungi. Setiap ada persoalan atau pertanyaan, orang-orang penting ini biasanya merasa berkepentingan langsung untuk menemui Anda. 


Dan, bersahabat dengan mereka tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda.


kapal pesiar mewah


Menjadi kapten dari sebuah kapal pesiar menjanjikan gengsi yang sangat tinggi. Di lingkungan sosial mereka dipandang sebagai orang yang berkelas dan akan banyak orang yang akan mendekati Anda terutama untuk bertanya soal lowongan pekerjaan. 


Ketika sudah pensiun, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas hidup yang mewah dan pergi ke manapun Anda suka bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Dan hal ini adalah sesuatu yang luar biasa istimewa, setidaknya bagi sebagian orang, terutama orang awam yang mungkin tidak akan bisa mengalaminya jika tidak memiliki pekerjaan sebagai kapten dari sebuah kapal pesiar.


Keuntungan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah menjadi kapten sebuah kapal pesiar berpeluang membawa banyak cindera mata dari tempat-tempat yang didatangi. Mungkin karena saya suka mengoleksi barang-barang unik, menjadi kapten kapal membuat saya berpikir rumah saya akan dipenuhi dengan beraneka barang yang saya bawa dari luar negeri mulai dari daratan Eropa, Asia, Afrika, Amerika maupun Australia. 


Masih banyak lagi keuntungan menjadi kapten kapal terutama berkaitan dengan keuntungan finansial, asuransi, dan fasilitas hidup.


kapal pesiar di new york


Namun, apa sajakah kerugiannya?


Setiap pekerjaan tentu mengundang risiko. Semakin besar imbalan yang didapat, risiko yang harus dihadapi juga pastinya juga lebih besar. salah satu risiko yang harus ditanggung oleh kapten kapal adalah menghabiskan sebagian besar waktunya di laut. Anda tidak bisa pulang sewaktu-waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat. 


Pada awalnya hal ini menjadi cobaan yang sangat berat bagi siapapun yang bekerja di sebuah kapal pesiar, namun seiring waktu mereka akan terbiasa. Atau jika tidak kuat ya berhenti. Namun demikian, berhenti lebih awal dari posisi sebagai kapten kapal pesiar sepertinya hampir tak terlintas dalam pikiran siapapun. Karena pengalaman yang luar biasa dan istimewa saat menjadi kapten sebuah kapal pesiar adalah pengalaman yang sulit didapatkan pada jenis pekerjaan yang lain.


Selanjutnya, di dalam kapal pesiar Anda akan menghadapi banyak tuntutan, pertanyaan, permintaan, dan keluhan-keluhan. Para penumpang umumnya orang yang ingin bersenang-senang dan sangat sensitif terhadap ketidaknyamanan sekecil apapun. Dalam 24 jam mungkin Anda hanya bisa tidur sekitar 6 atau 8 jam itupun tidak secara konstan. 


Seorang kapten kapal harus senantiasa bersiaga untuk menghadapi segala kemungkinan di laut. Tanggung jawab yang besar dari seorang kapten kapal pesiar meliputi pengawasan dan koordinasi semua orang di dalam kapal baik kru maupun penumpang. 


Memang benar, Anda seorang pemimpin di kapal ini, tetapi di daratan sana ada seorang bos yang terus-menerus merengek meminta laporan dari Anda.


kapal pesiar disambut tarian indonesia


Intinya, sebagai kapten Anda harus siap menerima berbagai keluhan dan permintaan baik dari kantor maupun dari para penumpang. Di masa lalu, beban menjadi kapten sebuah kapal pesiar seperti ini sangat sulit ditanggung oleh banyak orang, tetapi dengan kemajuan teknologi tugas tersebut menjadi lebih memungkinkan meski tidak bisa dikatakan ringan. 


Bahkan saat ini sudah ada sekolah kapten kapal pesiar, sehingga seseorang yang ingin menjalani profesi ini akan benar-benar terdidik dan berpengetahuan sesuai tuntutan pekerjaan.


Membawa pergi dan pulang para penumpang beserta para kru adalah tugas dan tanggung jawab yang paling besar dari seorang kapten kapal. Selama perjalanan ia harus memantau situasi laut, cuaca, badai, muatan, dan lain-lain. Ketepatan waktu perjalanan juga menjadi fokus perhatian penting karena jadwal sebuah kapal pesiar juga berkaitan dengan jadwal-jadwal lain baik sesama kapal pesiar maupun jadwal-jadwal lain di dalam sistem navigasi. Ini tak jarang memberi beban pikiran dan tenaga yang cukup berat.


Demikianlah mungkin sebagian dari suka-duka bekerja di kapal pesiar. Ada banyak keistimewaan dan fasilitas yang didapat tetapi Anda juga perlu tahu bahwa jalan ke sana tidaklah mudah. Beragam ujian akan dilewati mulai dari pendidikan dasar, pendidikan profesi sampai beragam pelatihan dan pengalaman akan membentuk seseorang menjadi kapten kapal pesiar sejati. 


Jika Anda mampu mengatasi ujian waktu dengan mengabdikan hidup Anda di laut, hambatan-hambatan selanjutnya sepertinya lebih mudah untuk diatasi dan pengalaman yang istimewa dan luar biasa sudah siap menanti. Semoga bahasan singkat ini dapat memberikan jawaban yang Anda butuhkan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang