Seperti apa kehidupan seorang sopir truk ?

Dilihat 992 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1


Menjadi seorang sopir truk adalah sebuah pilihan, karena sejujurnya mata pencaharian ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal yang membedakan sopir truk dengan sopir yang lain yaitu sebagian besar dari sopir truk tersebut melakoni pekerjaan ini sebagai bagian dari hobi. Karena mereka bekerja sesuai hobi, maka apapun yang dialami akan terasa menyenangkan dan terlihat lebih mudah.

Jika anda menjadi seorang sopir untuk perusahaan anda sendiri, maka hal tersebut sangat hebat. Namun sayangnya, pekerjaan sebagai sopir truk dapat membuat anda merasa kesepian, merasa terisolasi, dan merupakan sebuah pekerjaan tanpa penghargaan.

Berdasarkan pengalaman saya, sopir truk dianggap sebagai pekerjaan yang dipandang sebelah mata dan dianggap rendah oleh masyarakat umum, baik oleh mereka yang bekerja di perkantoran maupun mereka yang bekerja di pabrik ataupun gudang. Pekerjaan sebagai sopir truk dianggap masyarakat sebagai sebuah pekerjaan yang tidak memiliki masa depan, sebuah pekerjaan tanpa status yang diperuntukkan bagi orang-orang putus sekolah, orang bodoh, dan mantan kriminal. Padahal kenyataannya, pekerjaan ini membutuhkan sangat banyak waktu dan komitmen agar bisa dianggap memenuhi syarat.

Saya mengetahui hal ini karena saya telah bekerja di industri transportasi jalanan sebagai seorang sopir dalam kurun waktu yang panjang, dan hingga saat ini pun terkadang saya masih sering melompat ke atas mobil truk dan duduk di belakang stir. Saya melakukan hal tersebut bukan karena sebuah keharusan, namun karena saya sangat senang mengendarai sebuah mobil yang sangat besar!


Supir Truk Pekerjaan Yang Menantang 

Jika anda benar-benar ingin menjadikan profesi sopir truk sebagai sumber mata pencaharian Anda, maka tak ada yang bisa menghentikannya dan tidak ada juga yang bisa menghalanginya. Banyak perusahaan yang merasa lelah karena banyaknya pegawai -dalam hal ini supir truk- yang mengundurkan diri dari pekerjaannya, dikarenakan mereka dibayar dalam tarif upah yang rendah untuk jam kerja yang panjang. Sebenarnya upah ini cukup tinggi apabila dibandingkan dengan pekerjaan tanpa keahlian khusus lainnya, hanya saja anda tidak akan punya waktu untuk menikmatinya, karena sebagai seorang supir truk full time, anda tidak bisa memiliki banyak waktu luang.


  


Mobil truk menjadi lebih mudah untuk dikemudikan karena sebagian besar telah memiliki transmisi otomatis, sedangkan truk tua seperti Eaton-Fuller Roadranger non-synchro gearboxes diperuntukkan kepada para anakhronisme (orang yang agak sulit beradaptasi dengan teknologi).

Saya sangat suka mengendarai mobil truk karena mobil truk memberikan saya sebuah tantangan untuk terus mempelajarinya dan mengoperasikannya setiap hari, namun jika saya diberikan pilihan, maka saya akan lebih memilih mobil truk dengan transmisi otomatis. Bahkan hingga saat ini saya telah menempuh ribuan mil dengan mobil-mobil truk tersebut setiap minggu. Transmisi manual mengubah antara 13 hingga 18 kali rasio roda gigi, jika dilakukan berkali-kali setiap hari, maka dapat memberikan rasa lelah. Ketika seseorang telah terbiasa menggunakan transmisi otomatis, maka mereka tidak mau lagi mengemudikan truk dengan transmisi manual. Mobil truk dengan transmisi otomatis lebih hemat bahan bakar, dan itu adalah alasan mengapa saat ini banyak perusahaan yang menggunakan mobil truk dengan transmisi otomatis.

Teknologi dalam mobil truk transmisi otomatis, bisa membuat para sopir mengendarai mobil truknya dengan lebih baik dari sebelumnya, namun kebanyakan para sopir yang telah berumur (tua) tidak menyukai mobil truk transmisi otomatis karena mereka kesulitan menguasainya dan membuat mereka tampak seperti pengemudi ugal-ugalan.

Para pengemudi membutuhkan pelatihan agar dapat menguasai mobil truk transmisi otomatis dan mempelajari cara mengemudi yang efisien agar hemat bahan bakar. Hal ini sangat sulit, karena mereka harus merubah cara mengemudi mereka selama bertahun-tahun. 



Truk flatbed trailers

Biasanya, perusahaan akan melatih para pengemudi baru dengan mengemudikan mobil dry van atau reefer trailer. Mengemudikan mobil tersebut cukup mudah karena anda hanya perlu untuk membuka dan menutup pintu trailer. 

Jenis mobil truk yang sedikit lebih menantang adalah mengemudikan flatbed trailers. Dibutuhkan kekuatan, ketrampilan, dan pelatihan yang baik untuk mengamankan dan melindungi muatan, dan hal yang sama berlaku juga untuk mengangkut muatan yang sangat besar atau yang sangat berat yang mana menggunakan jenis mobil truk yang bermesin besar. Secara pribadi saya merasa puas melakukan perkerjaan ini dengan baik.


  • Truk Tanker Trailer

Mobil truk tanker trailer juga menarik untuk dikemudikan dan dibutukan kedisiplinan untuk mengendarainya, karena bahaya yang melekat dan beratnya muatan. Sebagai seorang supir anda akan mengalami mengoperasikan/menyetel bermacam-macam klep/katup untuk memuat dan membongkar tangki. Katup Inlet, katup Outlet, Katup pengatur tekanan (pressure relief valves), katup sampel dan katup untuk mengontrol tekanan di dalam tangki dan tingkat aliran dari produk. Ini sangat sulit, dan jika anda salah, anda sebagai pengemudi dapat mengalami kecelakaan yang fatal yang bisa menewaskan diri anda. Pelatihan untuk mengemudikan truk tanker trailer, terutama untuk truk pembawa bahan kimia, bahan bakar, gas, dan produk makanan, memakan waktu yang cukup lama dan biaya yang mahal.

Terkadang saya masih menikmati mengemudi mobil semi-truk, dan saya telah melakukan ini sejak saya berusia 19 tahun, sekarang usia saya 36 tahun. Ini adalah sebuah pekerjaan yang cukup menantang karena membutuhkan ketrampilan untuk menavigasi sebuah mobil besar di jalanan tanpa merusak apapun, baik truk nya atau jalanannya.

Bagian terbaik dari pekerjaan ini adalah, anda dapat melihat daerah-daerah di luar kota yang menakjubkan dan tempat-tempat jauh yang mungkin sebenarnya tidak akan pernah anda datangi . Sebagian besar anda menjadi bos bagi diri anda sendiri, anda bisa sendirian dalam waktu berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu untuk meneruskan pekerjaan. Selama perjalanan panjang di jalan yang bagus, ada banyak waktu untuk bersantai dan mendengarkan radio, musik, atau bahkan hanya untuk berpikir. Jika anda bekerja dengan jujur sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku dan jika beruntung, mungkin anda bisa mendapatkan tempat bekerja yang lebih baik, dan semuanya akan berakhir memuaskan.

Sebenarnya saya lebih suka bekerja sendiri di perusahaan yang tidak berhubungan dengan industri transportasi jalanan (truk) untuk saat ini, tetapi jika saya membutuhkan uang dengan cepat dan mudah, saya merasa beruntung, karena saya mempunyai lisensi untuk mengendarai truk dan saya akan kembali menghantam jalanan! (Baca : Apa alasan paling umum yang menyebabkan seorang supir truk dipecat?)


Pada akhirnya kita patut berterima kasih kepada para sopir truk. Berkat cucuran keringat merekalah, kita bisa menikmati aneka hasil bumi seperti buah, sayur dan palawija, serta kebutuhan hidup kita lainnya yang telah mereka antarkan. 



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang