Seperti apakah pidato Ice Breaker (perkenalan diri) terbaik di Toastmasters?

Dilihat 1,22 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saat anda sedang berpidato di depan umum, sesungguhnya itulah waktu yang tepat bagi anda untuk menunjukkan siapa diri anda dan intelektual yang anda miliki. Untuk itu pidato dinilai sebagai sebuah cara untuk mengetahui intelektual seseorang dengan hanya mendengarkan gagasan apa yang terucap dari mulutnya. 


Ada banyak jenis pidato yang biasanya sering dilakukan dalam beberapa acara di masyarakat seperti pidato sambutan, pidato keagamaan, persentasi bisnis, pidato perpisahan sekolahpublic speaking, dsb. Anda mungkin akan merasakan gelisah atau nervous saat harus berpidato untuk pertama kalinya di depan banyak orang. 


Namun hal ini akan hilang sejalan dengan kebiasaan anda berpidato dalam berbagai acara.  Anda akan mengetahui celah dan juga cara berpidato yang baik dengan sendirinya setelah beberapa pengalaman pidato anda sebelumnya. 


                            



Memulai Pidato dengan Perkenalan


Dalam berpidato, hal yang pertama kali anda lakukan adalah memperkenalkan diri anda kepada para penonton. Dengan memperkenalkan diri, anda bisa mengambil perhatian dan menilai respon dari para penonton. Saat penonton mengenal pembicara, mereka akan mulai memberikan sebuah respon sebagai bentuk kepercayaan mereka. 


Sepertinya merupakan hal yang sepele, namun ini adalah salah satu bagian terpenting dalam berpidato. Selain itu, anda juga perlu belajar dari contoh pidato yang baik dari beberapa orang terkenal di dunia.


Cara memperkenalkan diri yang baik asalah sebagai berikut:


  • Tentu saja anda harus melakukannya dengan penuh percaya diri. Pidato anda akan dimulai dengan menyapa para penonton dilanjutkan dengan memperkenalkan diri anda, anda bisa menjelaskan tentang latar belakang anda secara detail. 
  • Untuk menghidupkan suasana anda bisa melakukannya dengan sedikit menambah pengalaman lucu yang pernah anda miliki agar penonton merasa tertarik dan nyaman dengan anda sehingga mereka mau mendengar apapun yang akan anda bicarakan.

Ada dua tujuan atau sasaran memperkenalkan diri dalam sebuah pidato:


  1. Agar merasa nyaman dan percaya diri di hadapan penonton.
  2. Agar para penonton mengetahui lebih banyak tentang dirimu.
Buat Audience merasa nyaman

Jika anda ingin tampak menonjol dalam bagian memperkenalkan diri anda dan ingin nyaman saat melakukannya, maka jatuhkanlah 'bom' kepada para penonton dengan membiarkan mereka mengetahui sedikit rahasia tentang diri anda. 


Dengan kata lain, apabila anda tergolong tipe yang pemalu dan pendiam, anda bisa memberi tahu mereka tentang masa-masa remajamu, masa-masa ketika anda juga merupakan seorang pemberontak. 


Apabila anda tergolong orang yang ramah dan menyenangkan, anda bisa memberi tahu mereka sebuah rahasia tentang dirimu yang sering terhanyut dalam sebuah buku science-fiction.


Cara Berpidato Memperkenalkan Diri


Menceritakan sebuah sisi yang berlawanan sangat baik untuk membentuk sudut pandang dan tanggapan orang lain terhadap kita, dan anda akan menciptakan gambaran yang lebih jelas tentang diri anda sendiri. 

Selain itu, hal ini tidak hanya membuat anda mudah terekam dalam ingatan penonton, tapi mereka juga akan mencari anda karena kepribadian anda yang unik.


Selain memperkenalkan diri sebagai bagian dari pidato terdapat beberapa cara berpidato yang harus dilakukan agar pidato yang anda lakukan bisa dikatakan baik dan berhasil. 



Cara Berpidato yang Baik dan Menyenangkan


  • Awali Dengan Senyuman

Ekspresi anda pertama kali saat menaiki panggung bisa membuat anda rileks dan membuat penonton lega karena mereka sudah mengira bahwa anda orang yang ramah dan baik. 


  • Menyapa Penonton

Jangan sampai anda melewatkan bagian ini, karena ini adalah bagian awal yang penting untuk menunjukkan bahwa anda menghargai penonton yang memperhatikan anda.


  •  Jangan Terlihat Gugup

Walau sebenarnya anda merasa sangat gugup saat berpidato tapi usahakan agar kegugupan anda tidak terlihat oleh penonton. Jika penonton mengetahui bahwa anda sedang gugup mereka juga akan merasakan takut jika anda melakukan kesalahan.


  •  Berdirilah Dengan Tegak 

Salah satu cara berpidato yang baik adalah sikap anda berdiri, jangan terlalu membungkuk, berdirilah dengan tegak agar anda terlihat berwibawa dan mantap dalam menyampaikan pidato.


  • Mengontrol Intonasi dan Artikulasi

Selain isi pidato anda yang menjadi pusat perhatian para penonton, ketepatan intonasi dan artikulasi setiap kata juga perlu diperhatikan. Ketepatan intonasi dan artikulasi juga berhubungan dengan ketepatan pengenalan suara atau pengontrolan suara. 


Salah satu cara persentasi yang baik adalah dengan mengontrol artikulasi dan intonasi sehingga setiap kata yang kita ucapkan harus terdengar dengan jelas oleh penonton. Pidato anda akan terlihat sempurna jika intonasi dan artikulasi anda terkontrol dengan baik sehingga para penonton akan merasa nyaman mendengar kata-kata dalam pidato anda.


  • Perhatikan Waktu

Walaupun sebenarnya anda ingin sekali membahas banyak hal, namun dalam berpidato anda harus memperhatikan waktu yang telah diberikan pada anda. Jangan sampai kita melampaui waktu sehingga merusak susunan acara yang telah dibuat oleh panitia acara. Hal ini juga menyangkut pada kesopanan kita untuk menghargai acara tersebut.


-


Itulah beberapa tips cara berpidato dengan baik yang bisa menjadi referensi anda ketika akan melakukan pidato. Semakin sering anda melakukan pidato di depan banyak orang dengan menggunakan tips diatas, anda akan semakin mahir dan terbiasa untuk berpidato dengan baik. Anda juga perlu mempelajari cara membuat teks pidato yang baik, agar kemampuan pidato anda semakin sempurna.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang