Siapa atau grup band apa yang dianggap paling legendaris dalam sejarah musik Indonesia?

Dilihat 964 • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sudah pasti God Bless. Sekarang saya akui bahwa ini mungkin muncul dari bias pribadi, karena saya pernah sekali bekerja bersama Ian Antono dan Ahmad Albar dan itu menyenangkan. Karena panjangnya jawaban ini, akan lebih baik untuk membaginya menjadi dua bagian perspektif.


Dari masing-masing personel individu

Seperti yang saya katakan tadi, saya pernah bekerja dengan (sayangnya) hanya dua anggota dari God Bless, jadi saya hanya akan menjelaskan dua orang tersebut, yang bernama Ian Antono dan Ahmad Albar. Bersama Ian Antono, meski kami terpaut usia 30 tahun lebih, saya masih bisa memanggilnya 'Mas' yang bisa diartikan 'saudara laki-laki', karena semua orang memanggilnya seperti itu (itu budaya Jawa). Mas Ian orang yang sangat low-profile, rendah hati, dan sangat lucu. Dan tentu saja ia memiliki talenta yang luar biasa, jauh melebihi musisi-musisi yang saat ini aktif di Indonesia. Ia memperhatikan detil-detil yang terkecil sekalipun dan tak akan setuju jika anda tak berusaha 100%. Bagi para musisi Indonesia, ini cukup membanggakan. Rata-rata musisi di negara ini tidak akan berusaha sejauh itu seperti yang dilakukan Mas Ian untuk memastikan bahwa ia mendapatkan suara gitar yang ia inginkan. Saya telah belajar lagi dan lagi bahwa kualitas 'perfeksionis' inilah yang membedakan musisi hebat dengan musisi yang luar biasa, dan saya tak meragukan lagi bahwa ia adalah seorang ahli di bidangnya.

Bersama Ahmad "Iyek" Albar, berbeda ceritanya. Saya ingat ia terlihat benar-benar kuno dan saya tak yakin ia akan mampu memberikan performa yang diharapkan para penggemarnya. Bagaimana jika ia jatuh di tengah-tengah konser?! Namun ketika ia mulai bernyanyi, dan saya tiba-tiba terkesima dengan kepandaian dan kekuatan dari suaranya. Untuk menjaga kualitas nyanyian di usianya yang mendekati 60 tahun bukanlah hal yang mudah! Saya sangat-sangat terkesima. Bisa dibilang ia sangat disiplin dalam menjaga suaranya. Dan menilai dari perannya dalam lahirnya God Bless, saya katakan bahwa Ahmad Albar mungkin seorang yang jenius juga.


Dari God Bless sebagai grup band

Jika anda ingin melihat God Bless dari sejarahnya sebagai sebuah grup band, itu cukup tidak biasa juga. God Bless bermula dari proyek Ahmad Albar setelah kepergiannya dari Belanda. Dan apa yang tidak biasa yaitu ia memiliki rencana, dan rencananya berhasil. Ia bermimpi untuk mengawali sebuah grup band yang 'serius', jadi saat ia kembali ke Indonesia, ia merekrut pemain musik terbaik yang ia nyaman bermain dengannya. Dan dengan kondisi dunia musik di Indonesia saat itu, saya pikir God Bless muncul di waktu yang tepat saat ia menjadi terkenal di tahun 70an. Tak heran jika God Bless membumbung tinggi sesukses itu.

Poin lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah God Bless benar-benar fantastis dalam bidang menulis lirik. Siapapun yang menulis lirik untuk God Bless, mereka selalu menjaga kualitas yang luar biasa dari penggunaan bahasa Indonesia. Mereka selalu memahami bahwa ada konteks tertentu, lonjakan emosi tertentu yang hanya bisa disampaikan dalam Bahasa Indonesia jika anda cukup mahir untuk itu.

Sebagaimana yang anda lihat dalam dunia musik Indonesia saat ini, tak semua orang mampu melakukannya. Tidak, coret itu --- hanya individu tertentu yang terpilih yang dapat melakukannya. Dan lagi, para penulis lirik ini sukses dalam memberikan struktur bahasa Indonesia yang baik di setiap lirik yang mereka tulis sehingga mengalir sempurna di setiap lagu-lagu God Bless. Jadi, ya begitulah.


Singkat kata: God Bless adalah band yang paling legendaris di Indonesia karena Ahmad Albar memiliki visi, talenta, dan keberuntungan. Dan liriknya, selalu sungguh luar biasa.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang