Siapa orang-orang terkenal yang sembuh dari kanker payudara?

Dilihat 7,68 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kanker payudara adalah jenis kanker yang memiliki prevalensi paling tinggi diantara jenis kanker lainnya yang pada umumnya terjadi pada wanita. Manifestasi awal kanker payudara ditunjukkan dalam gejala-gejala yang berbeda. Penyebab kanker payudara masih diselidiki lebih lanjut. 


Kanker payudara merupakan salah satu bentuk kanker yang masih bisa disembuhkan dengan berbagai cara, mulai dari operasi hingga terapi. Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, tidak memandang status, pamor dan kekayaan. 

           

   



Tidak sedikit orang-orang yang awalnya terdiagnosa dengan kanker payudara pada akhirnya memasuki masa remisi, sembuh dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Jika kita lihat kembali, banyak selebriti yang pernah berperang melawan kanker payudara. Mari kita lihat 20 nama selebriti yang dalam sejarahnya pernah menjadi penyintas kanker payudara.



Beberapa Selebriti Penyintas Kanker Payudara



1. Elizabeth Edwards


Istri dari mantan calon wakil presiden John Edwards didiagnosa terkena kanker duktal payudara invasif di akhir periode pemilihan presiden pada tahun 2004. Kanker duktal payudara invasif merupakan tipe kanker payudara yang paling umum ditemukan dan menyerang sel-sel pembentuk saluran payudara. 


Setelah mendapatkan perawatan intensif, Elizabeth dinyatakan telah mengalami periode remisi. Namun sayangnya kanker kembali menyerang pada tahun 2007. Beliau hidup dengan kanker payudara stadium 4 yang pada akhirnya menyebar ke tulang dan organ lainnya. Tidak jarang bahwa seseorang yang telah mengalami remisi bisa menderita kanker lagi, terutama mengingat bahwa dia telah didiagnosa dengan kanker stadium 4.    


           


2. Christina Applegate


Aktris Christina Applegate didiagnosa menderita kanker payudara pada Juli 2008. Pada 19 Agustus 2008, Applegate dinyatakan sembuh setelah menjalani prosedur masektomi ganda, meskipun kankernya ditemukan hanya ditemukan di satu payudara.


                           

                            



3. Dame Maggie Smith


Aktris 73 tahun Maggie Smith didiagnosa dengan kanker payudara pada 2008. Kendati begitu, beliau tetap bersikeras untuk bisa tampil yang keenam kalinya dalam film Harry Potter sebagai profesor McGonagall di film "Harry Potter and the Half-Blood Prince" meski sedang dalam terapi radiasi. Pemenang Academy Award tersebut telah menjalani kemoterapi dan terapi radiasi setelah memutuskan untuk mengangkat gumpalan kanker tersebut (prosedur lumpektomi).


                    



4. Maura Tierney


Tahun 2009, aktris film dan TV Amerika, Maura Tierney menyatakan dia mengidap tumor di payudara dan perlu segera dioperasi. Akibatnya, dia harus meninggalkan perannya di drama musim gugur NBC “Parenthood”. 

Setelah menjalani operasi dan perawatan lebih lanjut, Maura kembali bermain pada pertunjukkan lainnya.  


           

                                 Gambar 5. Maura Tierney


5. Betsey Johnson


Betsey Johnson adalah perancang busana Amerika yang terkenal dengan desainnya yang feminim dan unik. Pada 2002, Johnson didiagnosa dengan kanker payudara. Pada akhirnya dia menjalani operasi lumpektomi dan perawatan radiasi.



Gambar 6. Betsey Johnson



6. Carly Simon


Penyanyi, penulis lagu dan ikon tahun 70an Carly Simon didiagnosa dengan kanker payudara pada 1997.Carly sudah menjalani prosedur masektomi, kemoterapi, dan operasi rekonstruksi. Telah ada beberapa gumpalan di payudaranya sebelum ia didiagnosa secara resmi, namun para dokter berkata bahwa Carly tidak perlu menjalani operasi apapun. 


Selanjutnya Carly berkata, "Salah satu dokter mengatakan, 'Kamu tahu, lebih baik aku melihat gumpalan itu telah dipindah ke toples, dan bukan di payudaramu"'. Carly Simon sangat menyesali keputusannya untuk tidak melakukan operasi itu lebih awal.


     

                                          Gambar 7. Carly SImon



7. Cokie Roberts


Cokie Roberts, adalah jurnalis dan penulis sukses serta pemenang Emmy Award. Dia pernah menjadi analis berita senior di National Public Radio. Pada 2002, dia didiagnosa menderita kanker payudara. 


Cokie berhasil sembuh dari kanker ini. "Aku belajar suatu pelajaran hidup, bahwa hidup itu singkat dan lakukan hal penting jauh sebelum dirimu dinyatakan mengidap kanker". Roberts mengatakan pada majalah Richmonds setelah didiagnosis pada tahun 2002, "Aku tahu dari dulu, jauh sebelum aku mengidap kanker, bahwa bekerja tidak penting, keluargalah yang penting".


    

Gambar 8. Cokie Roberts



8. Cynthia Nixon


Cynthia Nixon adalah seorang aktris Amerika, dikenal dalam perannya sebagai Miranda Hobbes di serial Sex and the City (1998–2004). "Satu-satunya hal kutakutkan adalah aku tidak melakukan mammogram, karena sebagian dari dirimu tidak ingin mengetahui apa yang terjadi sebenarnya, dan justru itulah yang akan mencelakakanmu".  


Aktris yang didiagnosa pada tahun 2002 ini berkata pada acara “Good Morning America”, "Hal itu bisa berakibat sangat buruk". Mammogram adalah salah satu cara pemeriksaan untuk mengetahui secara dini apakah Anda mengidap kanker payudara.



9. Edie Falco


Edie Falco adalah aktris TV, film, dan drama Amerika, dikenal dalam perannya di Oz sebagai Diane Whittlesey, sebagai Carmela Soprano dalam serial The Sopranos. Didiagnosa pada 2003, dia menemukan cara terbaik menangani kanker payudara, yaitu dengan cara tidak memberitahukannya pada siapapun, bahkan dia tidak memberitahu rekan-rekannya di Soprano. 

 


10. Hoda Kotb


Hoda Kotb adalah pembawa berita dan pembawa acara keturunan Mesir-Amerik, yang dikenal dalam sesi keempat pada 'Today with Kathie Lee Gifford'. Pada waktu itu cara terbaik bagi Hoda untuk mengatasinya adalah dengan justru membiarkannya. "Kadang sesuatu ini terlalu berat untukku dan aku tak bisa menanganinya, jadi aku melakukan hal aneh dengan hanya sedikit memeriksakannya," ujar Hoda yang didiagnosa pada tahun 2007 pada Ann Curry saat acara TV 'Today'.


Memang ada beberapa kasus kanker payudara yang sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan yang intensif (walaupun sebenarnya penanganan cepat dan intensif secara medis lebih dianjurkan).



11. Jaclyn Smith


Jaclyn Smith adalah seorang aktris dan pengusaha. Dikenal sebagai pemeran Kelly Garett dalam serial Charlie's Angels, Jaclyn didiagnosa kanker payudara pada tahun 2002. Dia punya saran untuk mengatasi kanker payudara: jangan hadapi semuanya sendiri. "Aku percaya pada kekuatan persabahatan". Dia juga pernah bilang pada majalah Prevention, "Aku percaya kalau keluarga, sahabat, terutama sesama wanita, bisa membuat perbedaan yang besar selama perawatan". 

Jika Anda merasa ragu untuk memberitahu teman-teman Anda, masih ada cara lain untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah melalui support group atau forum.



12. Nancy Reagan


Setelah mendapat diagnosis kanker pada tahun 1987, mantan Ibu Negara memutuskan untuk menjalani masektomi. Ini adalah keputusan yang mengundang banyak kontroversi saat itu. Namun meski dikritik, dia bertahan, "Aku tak bisa hidup normal, dan mengikuti jadwal, menjalani kemoterapi dan radiasi", kata Bu Reagan pada 1987 dalam wawancara dengan Barbara Walters. 


Terapi radiasi memang diketahui memiliki efek samping seperti misalnya kelelahan. Nancy Reagan tampaknya telah memilih untuk mengatasi kanker ini dengan prosedur yang lebih cepat yaitu dengan masektomi tanpa harus merasakan efek dari terapi radiasi maupun kemoterapi.



13. Olivia Newton-John


Olivia Newton-John adalah aktris, penyanyi dan selebriti keturunan Inggris Australia. Setelah didiagnosa pada 1992, dia mulai menghubungi keluarga dan teman untuk memberitahu mereka. "Di saat itu temanku justru menangis, dan aku pikir 'aku tak perlu memperburuk ini semua' ", katanya pada CNN. "Jadi aku menyuruh saudara dan teman ku untuk menyampaikan kabar ini. Aku hanya fokus pada hal positif, daripada bersedih". Dukungan yang positif dan suportif dari orang-orang terdekat adalah salah satu obat yang paling manjur dalam menghadapi kanker. Dukungan ini bisa memberikan semangat dan kekuatan dalam menjalani pengobatan. 



14. Kylie Minogue


Pada awalnya para dokter salah mendiagnosa kanker payudara yang diderita Kylie Minogue. Setidaknya itu yang dikatakan penyayi pop Australia ini. Kondisi sebenarnya baru diketahui pada 2005. Kylie menjalani operasi pengangkatan gumpalan (lumpektomi), lalu kemoterapi. "Saya sangat kagum betapa kanker mempunyai pengaruh besar pada manusia, itu melekat padamu dan tentunya akan merubah dirimu", katanya pada Associated Press. "Aku sangat beruntung"


15. Robin Roberts


Robin Roberts adalah penyiar TV Amerika. Awalnya saat dia kembali menjadi MC di “Good Morning America,” Roberts mengenakan rambut palsu hingga pada suatu saat dia tidak mengenakannya pada siaran langsung. "Itu bukan rambutku. Aku masih memiliki jiwa yang dulu ada didalamku dan aku tak perlu wig lagi,"  katanya saat didiagnosa pada 2007.



16. Peggy Fleming


Peggy Fleming adalah atlet ski es di Amerika. Peggi adalah pemenang Olimpiade 1968 pada kelas tunggal wanita dan tiga kali juara dunia (1966–1968). Kekuatan pikiran yang positif membantu Peggy menghadapi kanker setelah didiagnosa pada 1998. "Aku masih ingat sisi gelapnya, tapi aku tak memperdulikannya," kata Fleming di acara “Today”. "Tak ada yang bisa kulakukan lagi, Aku bisa merubah masa depan, namun aku tidak bisa merubah masa lalu".



17. Sheryl Crow


Sheryl Crow adalah penyanti, penulis, produser, musisi dan aktris Amerika. Setelah didiagnosa pada 2006, Crow berusaha mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang positif dan bersemangat. "Aku rasa semangat yang diberikan orang-orang di sekitarmu akan membawa efek yang jauh lebih lama", katanya pada CNN. "Sangat menakutkan ... tapi dukungan dari orang-orang terdekatmu adalah hal yang paling berharga" 


Gambar 9. Sheryl Crow



18. Melissa Etheridge


Melissa Etheridgeadalah penyanyi, penulis dan musisi rock Amerika. Dia dikenal dengan lirik yang dibuatnya, musik folk-rock berbasis pop, dan vokal seraknya. Etheridge didiagnosa menderita kanker payudara pada tahun 2004. 


Setelah akhirnya bebas dari kanker, dia tahu dia harus mulai menyingkirkan semua kanker yang ada pada dirinya. "Aku merubah pola hidupku" katanya pada NBC. "Aku ingin membuang racun dalam tubuhku. Pada makananku, pada pekerjaanku, pada kehidupan sosialku, pada semuanya karena aku ingin hidup bebas kanker". Perubahan pada gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari dapat membantu seseorang dalam mencegah terjadinya kanker, dan tentunya juga membantu dalam proses penyembuhan. 




Gambar 10. Melissa Etheridge



19. Suzanne Somers


Suzanne Somers adalah aktris, penulis, penyanyi dan pengusaha Amerika, dikenal perannya dalam Three's Company. sebagai Chrissy Snow. Tiga tahun setelah diagnosanya pada tahun 2000, dia akhirnya tampil pada acara  “Larry King Live” untuk membahas pengalamannya. "Aku melihat orang lain dengan cara yang berbeda, Aku melihat anak-anak berbeda, Aku melihat tumbuhan pun berbeda", kata Sommers, "Pengalaman ini membuatku lebih bersyukur setiap hari ... seperti sebelum dan sesudah kanker. Saat kamu mengidap kanker, kamu akan menghargai segalanya."



20. Kate Jackson


Kate Jackson  adalah seorang aktris, sutradara, dan produser. Kate Jackson dan Jaclyn Smith adalah bagian dari trio Charlie’s Angels (bersama dengan almarhumah Farrah Fawcett). Mereka sama-sama mengidap kanker payudara. Kate Jackson di diagnosa pada 1987 dan dua kali menjalani perawatan pada 1987 dan 1989. Jackson menjalani pengangkatan gumpalan (lumpektomi) lebih dahulu, kemudian masektomi sebagian dan operasi rekonstruksi.




Kisah-kisah di atas setidaknya bisa menyadarkan kita bahwa lebih baik melakukan pengecekan dini dan reguler untuk kanker payudara, terutama jika seseorang sudah memiliki riwayat kanker dalam keluarganya. Perlu juga diingat bahwa mengelilingi diri Anda dengan situasi dan orang-orang yang positif juga merupakan salah satu tips yang ampuh dalam proses penyembuhan. Bagi para penderita kanker payudara, jangan menyerah dan teruslah optimis! Selamat berjuang dan kalahkan kanker!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang