Siapa pembuat utama kamera 360 profesional?

Dilihat 346 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Hai, ini pertanyaan yang bagus, dan aku merasa punya alasan yang cocok untuk menjawabnya. (Pembukaan penuh: Aku membuat dan memasarkan kamera-360 profesional - info lebih dibawah ini)

Pertama-tama, kita perlu mendefinisikan kamera 'profesional'... Sebagai kameraman profesional, bagi ku itu artinya lensa yang bisa ditukarkan, kontrol manual, sensor besar, perekam yang tak terkompresi, penghubung tingkat-pro seperti SDI, standar industri seperti kode waktu, sinkronisasi global / kunci gen (kritis), dan beberapa kemampuan untuk memodularisasikan sistem. Kamera itu juga pastinya punya kualitas gambar yang tinggi.

Bagi orang lain, 'profesional' itu mungkin bukan seperti yang kusebutkan itu, dan beberapa mungkin akan sangat senang dengan penggunaan 'tunggangan GoPro', yang memiliki beberapa desain 'dibuat untuk VR' yang terpadu seperti Jaunt One atau Nokia Ozo. Kamera seperti itu tidak menawarkan lensa yang bisa ditukarkan, atau terlalu menghambat dalam kontrol manual, tapi didesain untuk beberapa penggunaan tingkat profesional (kalau bukan sepenuhnya...sinematis/siaran).

Ingat selalu, ada dua cara utama untuk menyambungkan video 360, pertimbangan penting dalam pilihanmu secara menyeluruh, karena penggunaan cara penyambungan ini akan memastikan pilihan kameramu.

Penyambungan tradisional adalah cara 'menyesuaikan gambar-gambar', dan untuk 3D (stereoskopik) melibatkan bagian pasangan kiri dan kanan kamera. Paralaks adalah masalah utamanya, dan penyambungan ini membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi. Cara penyambungan ini dengan cepat dikalahkan oleh....

Fotografi komputasi - hal ini dilihat sebagai masa depan, terutama karena cara ini mengurangi paralaks dengan cukup banyak, bisa di otomatiskan sepenuhnya dengan hasil yang sangat bagus, terutama dalam mengeliminasi error penyambungan yang terlihat, dan menawarkan interpolasi pandangan kiri dan kanan dari posisi 'diantara' mata, yang tidak bisa dilakukan oleh penyambungan tradisional. Cara ini juga menawarkan potensi dimasa depan untuk pandangan full 3D dengan semua gerakan kepala (seperti belok, putar, dll), yang belom bisa dibuat sekarang, tapi orang-orang akan mengharapkan masa depan ketika dibandingan dengan CG VR (game) dll.

Aku sudah mengumpulkan daftar kamera 360 profesional dibawah ini, dalam 3 kategori - High-end, Mid-tier dan Prosumer. Semuana itu bersiat subyektik, tapi aku sudahcoba untuk lebih obyektif dan memberikan beberapa struktur. Semakin bawah, harganya juga semakin turun. 

  1. Kamera 360 Profesional High End
    Pada kamera high end, ada beberapa pilihan. Ini adalh kamera 360 terbaik di pasar dan semuanya memiliki desain 'perlengkapan', memberikan operasi tingkat profesional yang penuh. 

    EYE™ Professional 360 Camera Rig
    Oke, aku akan membiarkan stekerku... Disaat aku menulis, Kamera EYE™ itu dipercaya menjadi satu-satunya kamera yang memenuhi semua kebutuhan 'pro', dan ada pihak ketiga yang memberikan harganya. Kamera ini didasarkan sekitar 42 Blackmagi Micro Cinema Camera baru (atau Blackmagic Micro Studio 4K), yang tersusun dalam 3 konfigurasi sumbu bulat, dan didesain untuk standar penangkapan video yang tertinggi. Dengan penyampungan fotografi komputasi, kame ini dapat menawarkan 6DOF (Kebebasan 6 Derajat), dalam frame diameter 24 inci. EYE™ menggunakan kamera tingkat sinematis, dan kamu dapat menukarkan komponennya sesuai kehendak. Kami juga bekerja pada video live 360, jadi hubungi kami kalau itu yang kamu tertarikkan.

    HyperVR Custom Rig

    Perlengkapan menakjubkan yang memfiturkan sampai 14 kamera Red Dragon dan sensor LIDAR, disusun dalam konfigurasi yang lebih tradisional pada pasangan kiri/kanan (bukan fotografi komputasi, tapi sensor LIDAR menawarkan beberapa pilihan menarik). Tidak ada kata dalam iklan atau harga... Perusahaan memiliki rencana perlengkapan yang lebih kecil juga. 

    NextVR Rig

    Next VR membuat perlengkapan kamera mereka sendiri dengan kamera Red Dragon ganda, menawarkan kualitas 3D 180 derajat yang tinggi. Mereka juga memiliki kamera 3D 360 (gambar) menggunakan 6 Red Dragon. NextVR dikenal untuk kerja live 360 nya, jadi kamera ini bisa menjadi pilihan bagus (brpasangan dengan EYE™ kami sendiri), kalau kamu berencana melakukan video live 360, NextVR menggunakan sistem ganda mereka untuk penyambungan, yang melibatkan fotografi komputasi dan mapping adegan 3D.

    Lytro Immerge

    Lytro adalah perusahaan yang membuat kamera digital konsumer yang memfokus ulang setelah mengambil sebuat foto. Mereka memiliki teknologi yang sama (contoh penoptik) untuk membuat bidang cahaya kamera VR. Ini adalah cara yang sangat berbeda dari kamera lain yang kutulis disini. Menangkap bidang cahaya artinya adalah menangkap arah cahaya pada sensor, sebagai tambahan pencahayaan dan warna. Hal itu membutuhkan penyimpanan data yang sangat besar (bahkan lebih dari kamera lain, yang sudah mempunyaim monster data) dan seluruh aliran kerja baru dan perangkat lunak Lytro buatan. Keuntungannya adalah pada waktunya kamera ini dapat menawarkan 6DOF dengan volumenya (seperti EYE™ diatas), walaupun sepenuhnya membutuhkan aplikasi pandangan klien baru untuk mendapatkan keuntungan ini. Saat ini belum tersedia - hanya diberitahu saja.

    Headcase VR 360 Rig 
    Studio konten VR yang membangun kamera video 360 high-end dalam kerja sama dengan Radiant Image, perusahaan pembuat teknologi kamera yang sangat bagus, yang juga menawarkan perlengkapan 360 mereka sendiri. Kamera Headcase ini menggunakan 17 kamera aksi Codex, dan menutupi 'hampir penuh' 360 (tanpa kamera 'nadir'). Desain yang menarik.

  2. Kamera 360 Profesional 'Mid-tier'
    Dalam jangkauan pertengahan, Aku menulis 4 pilihan bagus untuk dipertimbangkan. Semua ini adalah desain 360 'terpadu' dari perusahaan yang terkenal. Mereka mungkin tidak menawarkan penggunaan sinematis profesional standar tertinggi (kekurangan manual fitur mereka bisa membuktikan pembatasan), tapi desain 'satu sentuhan' terpadu mungkin terlihat lebih atraktif.

    Jaunt One Camera 

    Dulunya disebut 'Neo', kamera Jaunt One adalah desain kamera 360 terpadu dari perusahaan VR terkenal , Jaunt yang desainnya lebih naik dari GoPro. Merek menggunakan kamera untuk produksi mereka sendiri, dalam kerja sama dengan merk besar lainnya, dan saat ini tidak untuk dijual atau sewa untuk pihak ketiga. Banyak ide pintar dan uang yang terpakai untuk kamera ini, jadi pastinya senilai (terutama kalau kamu tahu seseorang di Jaunt). Penggabungannya menggunakan fotografi komputasi.

    GoPro Odyssey

    16 kamera bersumbu tunggal/pesawat dari GoPro itu dipengaruhi oleh datangnya GoPro ke pasar di bulan November 2015, dengan harapan perluasan di tahun 2016. Kamera ini menggabungkan 16 firmware termodifikasi GoPro dalam wadah plastik bundar dengan sekitar $15,000. Didesain untuk bekerja dengan platform penggabungan fotografi komputasi Google - Lompat - ini akan menjadi kamera populer untuk video mainstream 360 ketika diluncurkan. Pertanyaan tentang keandalannya belum dijawab, GoPro individu cenderung tidak andal. Resiko ini meningkat 16x ketika kamu punya 16 kamera yang berjalan. Masalah lainnya adalah kurangnya kamera nadir atau zenith (untuk merekam 'atas dan bawah'), jadi bola 360 itu bukan 'menyeluruh'. Namun, beberapa kamera lain yang didaftarkan disini punya masalah yang sama.

    Nokia Ozo

    Beberapa detil diketahui tentang kamera ini. desainnya yang tidak biasa, sedikit mirip bola lampu, memfiturkan 8 kamera dalam cangkang terpadu, yang diluncurkan dalam Q4 2015, dan karena diiklankan kepada pihak ketiga, tidak seperti beberapa kamera disini. Mereka juga punya kerja sama dengan Jaunt, mungkin untuk penggabungan fotografi komputasinya. 

    Samsung Project Beyond

    Aku sudah lama tidak dengar tentang kamera ini dari tim Think Tank Samsung di San Franscisco. Kamera ini adalah desain awal kamera 360 berdasarkan sekitar 16 kepala kamera buatan, dalam desain pasangan kiri-kanan yang agak tradisional, dengan cara penggabungan tradisional. Tidak diiklankan kecuali kamu adalah rekan Samsung. Tidak ada kamera nadir (bawah). Beberapa laporan mengatakan kualitas gambar nya itu bermasalah.

  3. Kamera Prosumer 360
    Pada akhir prosumer, aku menuliskan 2 pilihan untuk perlengkapan 360 dibawah ini, yang menggabungkan beberapa kamera GoPro kedalam perlengkapan (wadah) yang kamu beli secara terpisah. Tidak ada pilihan penawaran sinkronisasi global (genlock), masalah dengan semua GoPro pada perlengkapan, kecuali kamera Odyssey (atas) kepunyaan GoPro, yang artinya timing frame-pixel kamera tidak akan bersinkronan (tidak sesuai). Hal ini sangat mempengaruhi langkah 'gerakan/aksi', walaupun efeknya bisa dimitigasi dengan meningkatkan tingkat frame lebih tinggi (90-120 fps), dan aksi 'papan genta' untuk memperbaiki pos. Penggabungan apapun dengan perlengkapan ini adalah dengan cara 'tradisional" kali ini.

    Freedom 360
    Alat GoPro terkenal yang berdasarkan perlengkapan 360 denan beberapa pilihan. Banyak orang menggunakan ini sekarang. Tidak ada pilihan stereoskopik 3D sekarang ini.

    360Heros
    Alat GoPro lain yang terkenal berdasarkan perlengkapan 360 dengan jangkauan pilihan kgaya perlengkapan yang besar yang memakai 6 sampai 14 kamera, termasuk beberapa desain perlengkapan stereoskopik 3D. Beberapa telah mengkritik paling tidak salah satu desain stereoskopik 3D ini ketika membicarakan tentang penggabungan, jadi aku menyarankanmu untuk melakukan pencarian dulu untuk memilih kamra terbaik yang kamu butuhkan.

Tetap up to date...

Untuk mengejar perkembangan kamera 360 profesional, aku menyarankan Facebook Group for 360 Video Professionals. Signal rasio suara itu lumayan tinggi, dan kamera baru apapun yang terlihat disini. Kamu juga bisa mengikuti blog VR yang umum seperti UploadVR dan Road to VR.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang