Siapakah yang mempunyai militer, ekonomi, teknologi, perusahaan swasta terkenal, sistem pendidikan dan pengaruh politik yang lebih kuat, Malaysia vs Indonesia ?

Dilihat 245 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ini adalah pertanyaan sulit untuk dijawab. Dari segi ukuran dan populasi pada kedua negara ini sangat berbeda,  Indonesia memiliki skala sementara Malaysia lebih efisien (relatif terhadap Indonesia). Kuantitasnya pasti dapat mengalahkan kualitas terutama jika kualitasnya tidak digunakan secara efektif. Militer Indonesia memiliki kuantitas. Malaysia adalah salah satu diplomat dunia. Kami melakukan perdagangan antar bangsa dan kami adalah negara yang penuh kasih perdamaian,  saya tidak bisa membayangkan Malaysia terlibat dalam konflik militer yang ia mulai. Indonesia mungkin memulai konflik tapi saya tidak melihat tentara Indonesia memiliki efisiensi organisasi yang benar-benar lengkap dari Malaysia yang dapat menjalankannya dalam satu bulan.


Ditambah tentara Malaysia,  saya percaya memiliki kapasitas untuk menahan agresi selama beberapa bulan. Sementara itu,  teman-teman kami akan datang untuk menyelamatkan kami dan membantu perjalanan kembali menyerang tentara Indonesia. (Jaringan diplomatik Malaysia jauh lebih baik daripada Indonesia). Kebanyakan jika ada konflik militer,  itu akan menjadi perang gerilya (seperti selama konfrontasi 1963-1966).Perekonomian ekonomi Malaysia lebih berkembangkan kerena infrastruktur yang lebih baik dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien. Namun,  Indonesia memiliki skala. Teknologi Malaysia lebih maju dalam hal ini menjadi pusat untuk listrik & industri elektronik dan beberapa perusahaan minyak & gas. Beberapa pemain di industri ini memiliki unit R & D mereka di sini.


Dalam hal pertanian R & D,  lembaga penelitian pemerintahan Malaysia melakukan pekerjaan yang sangat baik di garis depan genetik dimodifikasi dengan hasil pertanian bahkan sebelum menjadi modis. Namun,  di IT tampaknya Indonesia berada di atas angin. Karena dasar pasar besar yang tersedia,  startup IT berkembang dan berkembang lebih baik di sana bukannya di Kuala Lumpur. Nah dikenal karena perusahaan swastanya. Perusahaan Indonesia pasti dikenal oleh lebih banyak orang berdasarkan Indonesia memiliki banyak populasi yang jauh lebih besar dari Malaysia. Namun,  jika kita mempertimbangkan yang dikenal seluruh dunia,  Indonesia memiliki 7 perusahaan di Fortune2000 Daftar Global sementara Malaysia memiliki 16 perusahaan dalam daftar yang sama. 


Sistem pendidikan meskipun tidak ideal,  dan pasti ada ruang untuk perbaikan,  membandingkan keduanya pasti Malaysia berada di atas angin. Mudahnya dan lebih luasnya akses pendidikan. Dan akses ke pembiayaan (pinjaman & beasiswa) yang tersedia untuk pendidikan tinggi. Pengaruh politik di Indonesia lebih matang (mereka mengalami perubahan pemerintahan beberapa kali). Namun,  secara internal Malaysia lebir terorganisir,  ia memiliki federasi terpusat dengan pengaruh yang lebih luas dengan negara-negara lain. Secara eksternal,  diplomat Malaysia diakui sebagai makelar perdamaian (Filipina Selatan,  Myanmar,  Timur Tengah dll).

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang