Software ERP apa yang terbaik untuk usaha kecil?

Dilihat 621 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di zaman yang modern ini kita tahu bahwa dunia entrepreneur semakin banyak diminati oleh masyarakat global, khususnya di Indonesia sendiri. Pemerintah Indonesia juga tampaknya sangat mendukung dan berharap bahwa dengan meningkatkan dunia bisnis dan usaha di Indonesia bisa membuat ekonomi Indonesia menjadi lebih baik lagi. 


Banyak orang yang berbondong-bondong dengan ide usaha kreatifnya untuk membuka sebuah usaha yang dimulai dari titik nol. Namun seperti yang kita tahu, untuk memulai sebuah bisnis kecil pun kita memerlukan sebuah perencanaan yang matang agar bisnis kita bisa berjalan lancar. Untuk membantu perencanan bisnis, kita harus mengenal sebuah program yang disebut Software ERP. 


Software ERP adalah kepanjangan dari (Enterprise Resource Planning) yang merupakan sebuah sistem yang bisa membantu perencanaan sumber bisnis suatu perusahaan. Untuk itu sebuah perusahaan penting sekali untuk memiliki sistem ERP ini.



Apakah perusahaan kecil memerlukan ERP?


ERP (Enterprise Resource Planning)


ERP adalah sebuah konsep yang berguna untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur sumber daya perusahaan meliputi pembiayaan, waktu, pembelian, penjualan, pajak, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perusahaan. 


ERP atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai "Perencanaan Sumber Daya Perusahaan" biasanya dibentuk dalam sebuah software yang akan memiliki sistem integrasi yang akan secara otomatis mengatur semua keperluan tersebut. 


Dengan adanya sistem ERP, diharapkan dapat membantu manajemen teratas dari perusahaan hingga operasional dalam sebuah perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga bisa menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak berkepentingan dalam perusahaan. 


Sistem ERP ini juga mengintegrasi pergerakan perusahaan menjadi responsif terhadap berbagai kebutuhkan perusahaan di antaranya seperti penghapusan proses yang tidak diperlukan (process elimination), penyatuan beberapa proses yang redundan (process integration), penyederhanaan beberapa proses yang rumit (process simplification), dan mengotomatiskan beberapa proses yang manual (process automation).


Pengertian ERP



Sejarah Software ERP dan Perkembangannya


Awal mula terbentuknya sistem software ERP (Enterprise Resource Planning) sebenarnya berasal dari perkembangan sistem yang sebelumnya terbentuk yaitu MRP (Material Requirement Planning). 


Pada tahun 1970 terbentuklah sebuah sistem konsep MRP yang merupakan sebuah perencanaan dan penjadwalan kebutuhan material perusahaan. MRP pertama kali diterapkan pada Perusahaan Toyota Jepang yang diasosiasikan oleh Oliver Weight dan Joseph Oirlicky. 


Kemudian pada tahun 1980 terciptalah MRP II (Manufacturing Resource Planning) yang merupakan sebuah konsep penyatuan kebutuhan material dan kebutuhan sumber daya untuk keperluan produksi perusahaan. Setelah itu pada tahun 1990-an ERP mulai berkembang dengan pesat. Sebenarnya perkembangan ERP itu dimulai pada tahun 1972 yang dipelopori oleh 5 karyawan IBM di Mannheim, Jerman yang juga menciptakan SAP yang berguna untuk menyatukan solusi bisnis. 


Perbedaan perkembangan MRP II menjadi ERP sebenarnya hanya terletak pada penambahan modul keuangan sehingga bisa lebih memudahkan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan-keputusan dengan tepat yang disesuaikan dengan sistem pembiayaan.


kegunaan ERP untuk pelaku usaha kecil

Sistem ERP sangat berguna untuk perusahaan dalam menjalankan segala operasionalnya. Namun sayangnya belum banyak perusahaan yang menggunakan sistem ERP ini sebagai landasan untuk menganalisis untuk mengambil keputusan dalam perusahaan. 


Berikut adalah beberapa fungsi dari sistem ERP:


  • Sistem ERP memungkinkan perusahaan melakukan integrasi secara global. Sistem ERP dalam hal ini berguna untuk menghilangkan beberapa halangan seperti perbedaan valuta, perbedaan budaya, perbedaan bahasa, dengan cara menjembatani hambatan tersebut secara otomatis sehingga dapat terintegrasi dengan mudah.
  • ERP menawarkan sistem integrasi di dalam perusahaan sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien sesuai dengan kondisi perusahaan.
  • ERP dapat melakukan pembetulan atau pembaruan sistem komputer secara terpisah.
  • ERP membantu melancarkan sistem manajemen supply chain dengan kemampuan memadukannya.
  • ERP memungkinkan manajemen mengelola operasi dan tidak hanya memonitori saja. Sehingga dengan bantuan sistem ERP, manajemen selalu berusaha untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi bagi perusahaan. 

Pentingnya sebuah perusahaan menggunakan manajemen ERP

Sistem ERP sebaiknya memang dimiliki oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil karena akan sangat berguna bagi perkembangan perusahaan. Dengan memakai ERP dunia tidaklah datar untuk usaha kecil dan menengah yang baru untuk berkembang untuk menjadi sukses. 


Tetapi banyak orang yang menganggap sistem ERP adalah sebuah software hanya diperlukan untuk perusahaan besar untuk membantu mengintegrasi sistem dalam skala besar. Anggapan ini tentunya salah karena sistem ERP sendiri bisa mengatur usaha yang berkapasitas besar dan bahkan kecil sekalipun yang nantinya akan bermanfaat untuk kemajuan dan kesuksesan perusahaan itu sendiri. 


Bagi anda yang memiliki usaha kecil, anda bisa menggunakan sistem ERP yang memang diperuntukan untuk usaha kecil dalam merintis perusahaannya. 


Openbravo ERP

Berikut adalah beberapa jenis software ERP yang cocok untuk usaha kecil:



1. Openbravo

Openbravo adalah salah satu sistem ERP yang merupakan turunan dari Compiere. Kelebihan yang dimiliki oleh Openbravo adalah kemampuannya untuk menyediakan fasilitas antarmuka berbasis WEB yang tentunya akan lebih memudahkan hubungan antara klien dan server. Sistem ERP yang berasal dari Spanyol ini lebih memfokuskan diri pada perusahaan UKM dan Multi-site. Sehingga software Openbravo adalah salah satu ERP terbaik untuk perusahaan kecil dan menengah

Openbravo juga bisa digunakan untuk banyak site dan cabang sehingga bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) anda bisa mengandalkannya untuk mengatur segala integrasi dalam perusahaan dalam tempat yang terpisah. Openbravo juga berencana untuk mengembangkan software ERP mereka berbasis pada HTML5 yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem menggunakan Blackberry, PC, dan lainnya.



2. ADempiere

Software ERP ini juga merupakan turunan dari Compiere, salah satu sistem ERP yang terkenal menciptakan banyak software ERP. Tentunya karena merupakan turunan dari perusahaan Compiere Inc. ADempiere memiliki kehebatan yang dimiliki oleh Compiere. ADempiere juga memiliki banyak penambahan modul yang bahkan dianggap lebih lengkap dari software ERP Compiere sendiri. 

Karena kelebihannya tersebut ADempiere menuai sukses dan digunakan oleh banyak perusahaan di dunia karena dianggap sebagai software ERP terlengkap dan gratis. Anda juga dapat memilih OS yang sesuai dengan kebutuhan anda selain itu, tersedia juga berbagai pilihan database postgreSQL (Opensource) atau Oracle (License). Menakjubkan, bukan?


Odoo ERP

3. Odoo

Salah satu software ERP yang cocok untuk bisnis usaha kecil hingga perusahaan besar adalah Odoo. Software Odoo menawarkan sistem "all in one" yang menawarkan berbagai aplikasi bisnis lengkap untuk keperluan manajemen perusahaan. 

Perangkat lunak ini mampu melakukan berbagai aktivitas perusahaan seperti penagihan, manufaktur, manajemen gudang dan proyek, CRM, Website/e-Commerce, inventori, dan banyak lagi yang semuanya bisa dilakukan dengan sempurna. Odoo menawarkan tiga jenis software yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda yaitu, Odoo Enterprise, Odoo versi Online SaaS, dan Odoo versi komunitas. 


4. Dolibarr

Dolibarr juga merupakan perangkat lunak yang gratis dan cocok untuk usaha kecil. Beberapa fiturnya dapat membantu berjalannya aktivitas perusahaan sesuai dengan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut walaupun memiliki skala sumber daya yang kecil. Beberapa fitur yang tersedia dalam software Dolibarr ini bisa kita aktifkan dan nonaktifkan sesuai dengan kebutuhan kita. 

Kelebihan ERP Selain gratis dan juga legal di bawah tanggung jawab GNU General Public License 3.0, aplikasi ini juga berbasis web sehingga dapat dengan mudah diakses melalui internet dimanapun anda berada. Dolibarr memang bertujuan untuk menawarkan fitur ERP pada orang-orang yang tidak memiliki kemampuan teknis sekalipun dengan cara memberikan solusi yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami.


-


Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu sistem ERP dan kegunaan ERP yang berguna untuk melakukan beberapa integrasi perusahaan agar berjalan dan untuk mencapai pencapaian perusahaan menjadi lebih baik lagi. 


Sebenarnya ERP adalah sebuah sistem yang tidak hanya berguna untuk beberapa perusahaan besar yang memang membutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi secara otomatis untuk menganalisis dan mengatur aktivitas perusahaan. Namun ternyata perusahaan kecil juga perlu untuk memiliki sistem ERP untuk menjalankan perusahaannya agar dapat berkembang sehingga usaha kecil dapat bersaing dengan usaha besar


Tidak perlu khawatir akan harga dan juga minimnya pengetahuan kita untuk dapat menggunakannya. Kini banyak sekali software ERP yang menawarkan aplikasinya secara gratis dan juga dalam bentuk sistem ERP yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang