Sosial media apakah yang terbaik untuk perusahaan dengan skala kecil dan menengah?

Dilihat 1,84 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di jaman yang modern ini, banyak orang memanfaatkan sosial media untuk melakukan kesehariannya. Instagram merupakan salah satu sosial media terbaru yang sekarang sedang banyak digandrungi oleh pelaku usaha untuk ajang promosi. Memang untuk saat ini, media sosial telah memudahkan orang untuk melakukan aktivitas dan komunikasi setiap harinya, atau dengan kata lain sosial media sudah menjadi pendamping dari kehidupan semua orang. 


Pengertian media sosial adalah media online yang memudahkan para penggunanya mencari informasi atau membuat informasi untuk dinikmati para pengguna lainnya. Tak jarang orang yang kini memanfaatkan sosial media sebagai toko jualan ataupun hanya untuk mempromosikan produk. 

Karena jangkauan sosial media tidak hanya sebatas Indonesia saja, tapi seluruh dunia akan menangkap usaha apa yang kamu promosikan, sehingga usahamu lebih mudah dilihat orang.

 

Juga sangat penting bagi perusahan kecil yang baru dirintis untuk memanfaatkan sosial media sebagai bagian dari promosinya. Kamu bisa berbagi konten visual dan tertulis melalui Twitter, Facebook, Instagram, atau lainnya untuk mengomunikasikan semua tentang bisnis yang kamu kelola. Sosial media dirancang untuk menghubungkan orang-orang yang memiliki kesamaan sehingga perusahaanmu dapat mencari pelanggan dan pembeli potensial berdasarkan preferensi, selera, dan kepribadian mereka. Jika kita menganggap Facebook memiliki lebih dari 950 juta pengguna aktif per bulannya, maka angka tersebut jelas menunjukkan bahwa kamu dapat menjangkau pembeli potensial yang cukup baik harus membayar iklan.


sosial media


Bagaimana Cara Berinteraksi dengan Pengguna Jaringan Sosial? 


Tentunya kamu harus berteman sebanyak mungkin di sosial media sehingga akan memudahkan kamu masuk dalam aktivitas mereka dan mereka akan mudah membeli barangmu. Media sosial memungkinkanmu berkomunikasi instan dengan menjawab kekhawatiran pembeli dan mempromosikan sesuatu yang baru dari produk yang tersedia dan layanan yang ada. 

Banyak jaringan sosial media terbaru memberimu kesempatan untuk mempelajari perilaku pengguna medsos lebih jauh melalui berbagai analitis perangkat lunak untuk membangun dan bahkan menerapkan strategi yang lebih efisien. 


Berbagi informasi dan menyebarkan berita tentang produk yang kamu kelola hal ini mudah untuk membuat informasi dapat menjangkau lebih banyak orang atau menjadi ajang pertemanan dalam jaringan sosial. Kehadiran mereka di media sosial akan memungkinkan pengguna untuk berbagi dan menyebarkan berita tentang produk atau layanan dengan mengklik tombol pada website yang kamu miliki. Itu merupakan salah satu cara agar pelanggan akan merasa puas dan akhirnya akan dapat berbagi pengalaman dengan teman-temannya untuk mengikutinya di media sosial. 


sosial media
 

Sosial Media Sebagai Bagian dari Promosi Bisnis Anda


 Ada beberapa trik agar kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan perusahan kecil yang baru dirintis, seperti:


  • Memantau adanya sosial media terbaru yang sekarang banyak digemari oleh semua orang untuk memanfaatkan kesempatan melakukan promosi bisnis kamu.
  • Mencocokkan jenis usaha dengan media sosial yang tepat dengan target konsumen. 
  • Buat hal menarik pada akun sosial media dengan cara menulis artikel, blog, atau posting foto yang berhubungan dengan usaha kamu agar banyak orang yang tertarik 
  • Buatlah sebuah promosi, semua orang pastinya sangat menyukai promosi. Lakukan iklan penawaran yang paling menarik untuk mengambil perhatian orang-orang agar mengunjungi halamanmu dan mengikuti promosi yang dibuat perusahaanmu .
  • Dan yang terpenting tentunya harus terus update setiap hari di media sosial agar tidak membuat orang bosan. Ini juga berlaku untuk sebuah website atau blog, kamu harus mengisi halamannya agar terus ada di pencarian awal. 

Itulah beberapa trik agar kamu bisa memanfaatkan setiap media sosial untuk memperomosikan perusahaan kamu. Melakukan promosi adalah hal yang terpenting untuk mengembangkan perusahan yang baru dirintis. 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, banyak sosial media terbaru yang dapat memudahkan para pengguna untuk berhubungan dengan sang pemilik informasi. Maka setidaknya kamu bisa memulai interaksi dengan pengguna lain untuk menarik perhatian, dan mencuri hati pengguna lain untuk menilai bahwa perusahaanmu adalah perusahaan yang baik dan terpercaya.


media sosoal


Media Sosial yang Cocok Untuk Perusahaan Kecil dan Menengah


Dengan sekian banyaknya pilihan yang ada, pastinya sangat tidak mungkin kamu menggunakan semua media sosial. Ada beberapa media sosial yang bersifat sementara atau hanya terkenal untuk beberapa bulan atau tahun saja, dan hal ini akan berdampak pada usahamu karena para pengguna pergi dan meninggalkannya. Ada beberapa sosial media yang sangat cocok untuk perusahaan skala kecil dan menengah, seperti:


  • Facebook memanglah bukan hal yang baru kita kenal, namun Facebook memiliki banyak pengguna yang akan menguntungkan jika kamu bisa melakukan promosi perusahaan di sana. Tak hanya anak muda yang menggunakan sosial media ini, jadi pastinya akan ada banyak yang mengunjungi halamanmu sehingga berhasil menarik perhatian para pengguna untuk mengunjungi halaman.  
  • Twitter. Sama seperti Facebook, Twitter bukan hal yang baru. Walaupun kini pengguna Twitter sedikit menurun, namun Twitter masih sangat diperhatikan oleh semua orang. Twitter juga mudah untuk dijadikan tempat promosi untuk perusahaan yang kamu kelola..  
  • Google+.  Ini adalah hal yang terpenting untuk sebuah perusahaan. Hampir setiap perusahaan besar menggunakan ini untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, tak ada salahnya untuk mereka yang baru saja memulai bisnis ada untuk menggunakan Google+ sebagai media pengembangan bisnismu, karena akan membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.  

    sosial media


  • Instagram, sudah banyak orang orang yang menggunakan Instagram untuk melakukan aktivitasnya. Instagram memang menjadi kegemaran orang beberapa tahun ini, maka tak ada salahnya jika kamu memanfaatkan celah ini untuk mengembangkan perusahaan.  
  • Youtube tentunya bukan hal yang baru bagi kita, YouTube juga bisa dijadikan sarana untuk promosi karena sekarang ini sedang marak mengupload video ke YouTube dengan tujuan memperkenalkan tempat-tempat wisata atau tempat kuliner yang kamu kelola. 

  • Path, Path adalah salah satu media sosial yang masih populer hingga saat ini. Tampilan Path yang menarik dan mudah digunakan membuat Path selalu digandrungi oleh para anak muda. Path juga menyajikan fitur-fitur menarik seperti tampilan status berupa gambar, banyak juga yang menjadikan Path sebagai ajang promosi produk penggunanya karena Path juga dianggap efektif untuk kepentingan bisnis, sama halnya dengan jenis media sosial lainnya.


media sosial


Sebenarnya masih banyak sosial media yang ada, namun penjelasan di atas hanya untuk usaha yang baru berkembang dengan skala kecil dan menengah. Kamu bisa mulai mengambangkan usaha lewat beberapa sosial media yang cocok dengan jenis usaha kamu. 


Kesimpulan dengan melihat pengertian sosial media di atas, sosial media yang terbaik untuk pengusaha skala kecil dan menengah tentunya sosial media yang banyak penggunanya diantaranya Facebook yang sudah tidak diragukan lagi.


Kembangkan terus akun perusahaan agar selalu dilihat orang, usahakan selalu update sehingga aktivitas terus berjalan dan selalu membuat terobosan baru agar orang tidak bosan melihat. Sosial media merupakan peluang yang besar untuk para pengusaha untuk mempromosikan barang dagangannya.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang