Apa teknik terbaik untuk mengaduk adonan kue?

Dilihat 2,85 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi sebagian orang, terutama ibu-ibu dan gadis remaja, membuat kue adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. 


Namun kadangkala kue yang kita buat tersebut hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Terkadang kue hasil buatan kita tersebut terlalu keras atau terlalu lembek atau bahannya tidak tercampur dengan rata, dan lain sebagainya. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam membuat kue adalah teknik dalam mengaduk adonan kue sehingga dapat menghasilkan kue yang sesuai resep, nikmat, dan lezat.


Apapun resep membuat roti dan kue yang enak, termasuk cara bikin bolu kukus, pastilah membutuhkan kegiatan mengaduk adonan yang harus dilakukan dengan tepat dan benar sehingga dapat menghasilkan roti ataupun kue yang lezat. 


Sebenarnya ada banyak teknik mengaduk adonan yang dapat digunakan. Masing-masing dari teknik memiliki fungsi dan tujuannya tersendiri, tergantung resep kue atau roti yang sedang kita buat. Seperti cara membuat bolu kukus mekar, akan memiliki teknik mengaduk adonan yang berbeda dengan membuat chiffon atau krim. 


Oleh karena itu, teknik terbaik dalam mengaduk adonan kue dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kue yang terbaik. Teknik terbaik ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya kita dalam membuat suatu kue atau roti.


adonan terbaik


Perbedaan Kue dan Roti


Sebelum kita membahas tentang teknik terbaik dalam mengaduk adonan, ada baiknya kita memahami dulu perbedaan antara kue dan roti. Sebagian besar orang menyamakan antara kue dan roti hanya karena keduanya berbahan dasar yang sama, yaitu tepung terigu, telur, gula, air, margarin atau mentega dan bahan-bahan tambahan lainnya sesuai jenis kue atau roti yang akan dibuat. 


Namun sebenarnya terdapat perbedaan antara keduanya, dan cara mengaduk adonan untuk kedua jenis makanan ini pun berbeda. Misalnya cara bikin bolu kukus atau cara membuat bolu kukus mekar akan memiliki teknik mengaduk adonan yang berbeda dengan cara bikin roti tawar atau roti sisir. Berikut ini akan dibahas sekilas tentang kedua perbedaan jenis makanan ini.


Perbedaan pertama adalah dalam hal bahan yang dipakai. Kue dan roti yang dalam bahasa Inggris cake (kue) dan bread (roti) memiliki beberapa bahan yang tidak sama, seperti ragi yang biasa digunakan pada pembuatan roti, sedangkan untuk membuat kue biasanya menggunakan baking powder atau soda kue. Meskipun tujuan dari kedua bahan ini adalah sama, yaitu untuk mengembangkan adonan. 


Selain itu, untuk kue biasanya diberi tambahan topping yang mana hal ini tidak ditemukan pada roti. Kue sendiri dari jenisnya dibagi menjadi dua, yaitu kue basah dan kue kering. Dan kedua jenis kue ini juga berbeda cara pembuatannya. Membuat kue kering yang lembut dan kenyal akan berbeda dengan cara membuat kue basah yang empuk dan mekar.


Perbedaan selanjutnya adalah dalam hal level rasa manis yang disajikan. Biasanya, kue memiliki tingkat rasa manis yang lebih tinggi daripada roti karena pada saat proses pembuatannya kue cenderung menggunakan lebih banyak gula daripada roti. Dan karena kue memiliki kandungan gula lebih tinggi, otomatis kandungan kalorinya juga lebih tinggi juka dibandingkan dengan kandungan kalori pada roti. 


Selain dalam hal rasa manis, tekstur antara kue dan roti pun berbeda, kue cenderung lebih lembut dan mudah digigit daripada roti. Tekstur roti terasa lebih kenyal dibandingkan dengan tekstur kue. Dalam hal tekstur ini, kue lebih banyak variasinya daripada roti. Tekstur kue basah dan kue kering jelas sekali berbeda. Pada kue kering sendiri terdapat perbedaan antara kue kering puff dan kue kering choux


Dan yang terakhir adalah momen saat mengkonsumsi kedua jenis makanan ini. Roti secara umum dikonsumsi hampir setiap saat, sedangkan kue secara umum dikonsumsi pada saat-saat tertentu, seperti pada perayaan ulang tahun, hari jadi pernikahan, dan lain sebagainya.


bolu panggang


Teknik Mengaduk Adonan Kue dan Roti


Setelah semua bahan untuk membuat kue atau roti telah tersedia, hal penting selanjutnya yang menentukan berhasil tidaknya proses pembuatan kue atau roti ini adalah teknik dalam mengaduk adonannya. Cara mengaduk adonan yang asal-asalan hanya akan menghasilkan roti atau kue yang gagal, tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dibutuhkan teknik mengaduk adonan yang tepat agar hasilnya memuaskan dan tidak bantat.


Di setiap resep cara membuat roti dan kue, misalnya cara bikin bolu kukus, selain dijelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan biasanya cara mengaduk adonannya juga diterangkan. Oleh karena itu bacalah resep tersebut secara teliti agar tidak keliru dan menghasilkan roti atau kue yang diluar harapan. 


Satu hal yang harus Anda waspadai adalah jangan sampai Anda keliru memahami istilah antara mengaduk dengan mengocok. Karena istilah mengocok biasanya ditujukan untuk bahan adonan yang bentuknya cair seperti telur, margarin, gula yang harus dicampur menjadi satu. Sedangkan untuk istilah mengaduk ditujukan untuk bahan adonan bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk yang dicampur dengan bahan cair tersebut.


adonan 2


Setidaknya ada dua cara yang digunakan untuk mengaduk adonan yaitu aduk rata dan aduk balik atau aduk lipat. Untuk teknik aduk rata adalah teknik mengaduk biasa, jadi adonan tinggal diaduk secara merata begitu saja untuk membuat seluruh bahan tercampur secara keseluruhan dan menciptakan citarasa yang baru.


Sedangkan untuk teknik mengaduk adonan lipat atau aduk balik caranya sedikit berbeda. Tujuan dari teknik aduk lipat atau aduk balik ini adalah untuk mempertahankan udara pada adonan. Cara terbaik mengaduk adonan dengan teknik ini adalah menggunakan spatula kayu atau sendok kayu karena akan memberikan hasil yang maksimal. Jadi tidak disarankan mengaduk adonan menggunakan mixer walaupun dengan kecepatan paling rendah, karena akan membuat adonan tidak dapat mengembang dengan sempurna.


Caranya adalah dengan menerapkan spatula dari atas adonan langsung memotong adonan pada bagian tengah sampai menyentuh dasar wadah. Setelah itu gerakkan spatula menyusuri dasar wadah ke arah belakang dan kembali ke atas dengan membuat gerakan melipat atau membalik adonan ke arah depan. Cara ini akan membuat udara dalam adonan tidak akan keluar meski adonan diaduk secara merata. 


Lakukan langkah ini beberapa kali hingga semua bahan tercampur sempurna. Dan setelah tercampur sempurna, adonan pun siap untuk dimasak. Teknik ini juga dapat Anda gunakan jika mencari cara membuat bolu kukus mekar yang telah lama ingin Anda coba buat.


bolu coklat



Faktor Penentu Keberhasilan Membuat Kue dan Roti


Setelah di atas membahas teknik mengaduk adonan kue dan roti yang terbaik, sekarang saatnya sedikit membahas sejumlah faktor penentu keberhasilan dalam membuat roti atau kue lainnya selain teknik mengaduk adonan.


Ada 13 faktor penentu keberhasilan dalam membuat kue dan roti, termasuk di dalamnya teknik mengaduk adonan. Ke-13 faktor tersebut antara lain:


  1. Membaca resep dengan teliti dan benar 
  2. Mempersiapkan semua bahan sesuai catatan dalam resep 
  3. Menggunakan alat ukur atau alat takar untuk bahan-bahannya 
  4. Menggunakan peralatan yang bersih dan higienis 
  5. Memastikan semua bahan dalam kondisi baik, termasuk telur dan terigu yang akan digunakan 
  6. Memastikan jenis terigu yang akan digunakan (jenis kandungan proteinnya) 
  7. Dapat membedakan antara mentega dan margarin 
  8. Tahu perbedaan mengocok dan mengaduk 
  9. Melakukan proses pelelehan mentega atau margarin dengan benar 
  10. Mengayak terigu terlebih dulu sebelum digunakan 
  11. Menggunakan oven yang berfungsi dengan baik dan paham benar dalam mengoperasikannya 
  12. Memakai ukuran loyang yang tepat 
  13. Dapat mengetahui kondisi kematangan kue atau roti 

kue bolu


Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, maka Anda dapat membuat kue atau roti apapun yang telah lama diidam-idamkan. Seperti ketika Anda telah mendapatkan cara bikin bolu kukus, maka faktor-faktor di atas dapat Anda terapkan. Termasuk teknik mengaduk adonan roti atau kue yang terbaik sehingga cara membuat bolu kukus mekar yang Anda peroleh dapat dipraktekkan dengan benar dan menghasilkan bolu yang benar-benar lezat dan mekar sempurna.  


Demikian sekilas bahasan singkat tentang teknik terbaik dalam mengaduk adonan roti ataupun kue. Semoga memberikan pencerahan dan berguna bagi Anda. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang