Bagaimana cara memilih tempat duduk yang terbaik di bioskop?

Dilihat 16,9 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apakah anda memiliki hobi menonton film? Ya, menonton film atau drama adalah salah satu hiburan yang bisa mengisi waktu luang kita. Menonton film bersama dengan teman atau keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan sehingga kita bisa sejenak melupakan kesibukkan kita dengan pengalaman hiburan dari menonton film. 


Apalagi kini banyak sekali berbagai genre film yang bisa anda pilih sesuai dengan genre film kesukaan anda. Selain itu menonton bisa dilakukan di mana saja, anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan DVD, TV, PC, laptop, smartphone, atau bahkan nyaman dengan suasana menonton di bioskop. 


Bioskop memang tempat pertama yang diciptakan saat seseorang ingin menonton sebuah film. Denah tempat duduk bioskop juga adalah hal yang menarik untuk dibahas karena kita harus mengetahuinya dalam menentukan posisi terbaik untuk menikmati film.


Nah, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang urutan kursi bioskop dan cara memilih tempat terbaik saat menonton film di bioskop.



Sejarah Perkembangan Bioskop di Indonesia


Sebelum kita membahas tentang urutan kursi bioskop terbaik saat menonton film, kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah bioskop. Bioskop adalah sebuah tempat untuk menonton pertunjukan film dengan menggunakan layar yang lebar. Apa yang kita lihat dari layar bioskop merupakan gambar yang diproyeksikan dari sebuah alat yang bernama proyektor. 


Bioskop sendiri ditemukan sekitar tahun 1890-an yang diikuti dengan beberapa penemuan seperti phonograph, aoutomobile, dan juga telepon. Perkembangan bioskop di Indonesia terjadi pada tahun 1900, saat itu bioskop telah ada di Indonesia tepatnya di Jl Tanah Abang I, Jakarta pusat. Kemudian pada tahun 2000-an bioskop mulai populer di Indonesia dan sudah mulai menyebar di beberapa penjuru kota di Indonesia. 


Ada beberapa bioskop ternama di Indonesia yang ada pada saat itu diantaranya seperti Cineplex 21 group, Bioskop 21, XXI, The Premiere, dan juga Blitzmegaplex. Film yang ditayangkan pun beragam mulai dari film dalam dan luar negeri namun pada tahun 2000-2005 belum banyak film nasional yang masuk pada jaringan film bioskop. Sekitar tahun 2006, banyak film nasional mulai masuk ke dalam daftar film bioskop.


Tempat duduk terbaik untuk nonton di bioskop



Tempat Duduk Strategis untuk Menonton Bioskop


Bioskop adalah tempat yang nyaman untuk menonton film yang didukung dengan layar film yang besar, cahaya lampu yang minim, dan suara yang mantap. 


Tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bahwa urutan kursi dan pemahaman di mana denah tempat duduk bioskop yang stragis ternyata sangat mempengaruhi kenyamanan kita dalam menonton film. 


Lalu tempat duduk manakah yang terbaik saat menonton di bioskop? 


Posisi yang terbaik adalah di bagian tengah. Hal ini bukan tanpa alasan bahkan ada penjelasan ilmiah tentang tempat duduk terbaik saat menonton di bioskop ini pernah diulas oleh seorang blogger sains asal Amerika Serikat, Presh Talwalkar. 


Pada websitenya yang bernama Mind Your Decisions dia menjelaskan tentang kriteria apa saja agar duduk anda nyaman saat menonton di bioskop. Dalam kesimpulannya ia memaparkan bahwa tempat duduk yang paling baik untuk menonton di bioskop adalah kursi di bagian tengah.


Duduk di tengah tidak membuat pegal-pegal

Untuk menyimpulkan bahwa kursi bagian tengah adalah posisi terenak untuk menonton film di bioskop ini berdasarkan beberapa faktor seperti jarak pandang penonton, posisi penonton, dan juga kualitas suara yang bisa didapatkan. Ada beberapa hal yang menyebabkan kursi bagian tengah bioskop menjadi posisi terbaik saat menonton film. 


Berikut adalah beberapa alasan tersebut:



1. Nyaman, Tidak Menyebabkan Pegal Leher


Kenyamanan saat menonton film di bioskop selama kurang lebih 2-3 jam adalah hal yang paling utama untuk membuat anda fokus dan betah saat menonton film. Kenyamanan saat menonton film ini sangat bergantung antara jarak tempat duduk anda dengan layar bioskop yang cukup besar. 

Jika anda menempati tempat duduk yang terlalu dekat dengan layar, anda akan dengan terpaksa menonton dengan posisi leher mendongak yang akan mengakibatkan leher anda pegal-pegal karena terus pada posisi mendongak tersebut. 


Rasa pegal pada leher ini bisa menjadi pengalaman terburuk saat menonton film di bioskop. Berdasarkan anjuran dari Society of Motion Pictures and Television Engineers (SMPTE) di Amerika Serikat sudut pandang penonton ke sisi paling atas layar seharusnya dibawah sudut 35 derajat agar terhindar dari pegal-pegal pada leher. 


Dan posisi yang bisa dibilang strategis adalah duduk di kursi bagian tengah bioskop yang memenuhi jarak pandang penonton dengan layar di bawah sudut 35 derajat.


Duduk di tengak tidak terlalu jauh dari layar


2. Tidak Terlalu Jauh dari Layar


Mengapa posisi duduk di kursi bagian tengah adalah posisi yang strategis? Karena posisi ini adalah posisi yang tidak terlalu jauh dan tidak pula terlalu dekat dengan layar bioskop. Duduk terlalu depan tidaklah baik begitu juga dengan duduk terlalu belakang. 


Berdasarkan SMPTE menyatakan jika posisi kursi paling belakang bioskop akan menjadi ideal saat sudut pandang pada tempat paling belakang tidak melebihi sudut 36 derajat. Ukuran tersebut juga digunakan dalam ukuran bioskop yang telah disertifikasi oleh sistem suara THX. Sehingga jika sudut pandang pada kursi paling belakang melebihi sudut tersebut maka anda tidak akan terfokus saat menonton. Hal ini disebabkan oleh ruang kosong di samping kanan dan kiri layar akan mengganggu kenyamanan anda saat menonton. 


Maka dari itu, pilihan terbaik untuk memilih tempat duduk adalah di kursi bagian tengah karena posisi tersebut adalah posisi yang pas, tidak terlalu depan dan juga tidak terlalu belakang.


Kualitas audio yang baik

3. Kualitas Audio yang Baik


Alasan selanjutnya yang membuat posisi kursi bagian tengah bioskop menjadi posisi terbaik untuk menonton adalah karena posisi tengah dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. 


Presh Talwalkar menyatakan bahwa posisi yang dapat memberikan kualitas efek audio yang baik adalah posisi 2/3 jarak antara layar dan sisi belakang ruangan. Hal ini disebabkan karena posisi 2/3 dari jarak layar dan sisi belakang ruangan bisa memberikan gema efek suara yang baik sesuai dengan efek audio yang semestinya diterima oleh telinga kita.

 

Dibandingkan jika kita duduk di paling depan atau paling belakang yang mungkin kualitas audionya akan terlalu keras karena terlalu dekat dengan alat audio dalam bioskop tersebut. Kriteria posisi 2/3 dari jarak layar dan sisi belakang ruangan yang dikatakan sebagai posisi terbaik untuk menonton bioskop sesuai dengan tempat duduk bagian tengah di bioskop.


-


Bioskop sukses berevolusi bukan hanya karena harganya yang murah namun karena bioskop mampu manyajikan beberapa komponen pengalaman menonton yang yang berbeda. Hal inilah yang membuat bioskop masih berjaya hingga saat ini. 


Kenyamanan saat menonton bioskop adalah hal yang penting agar kita dapat menikmati film yang kita tonton. Untuk itu saat anda memilih tempat duduk dengan menggunakan denah tempat duduk bioskop, anda bisa memilih kursi bagian tengah bioskop untuk mendapatkan sensasi kenyamanan saat menonton. Posisi ini adalah posisi yang paling strategis untuk menonton berdasarkan sains yang juga bisa dijelaskan berdasarkan kajian ilmiah. 


Karena anda telah membaca artikel ini, besar kemungkinan anda akan mencobanya dan merasakan kenikmatan saat menonton bioskop ditempat yang terbaik. Banyak orang yang belum mengetahui tentang hal ini dan anda adalah adalah orang yang beruntung yang telah mengetahuinya. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang