Taman rekreasi apa yang cocok untuk anak-anak di Jakarta?

Dilihat 1,23 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Banjir, polusi, macet, dan kebisingan merupakan empat ciri khas kota metropolitan, Jakarta. Kendati demikian, Jakarta tetap memiliki daya tarik yang kuat untuk selalu dikunjungi. Kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara ini merupakan sebuah kota yang padat penduduk. 


Bagaimana tidak, saat ini penghuninya telah mencapai lebih dari 10 juta jiwa. Gedung-gedung pencakar langit menjulang tinggi dimana-mana, banyaknya pusat perbelanjaan yang megah dan mempesona, serta pemukiman-pemukiman kumuh pun ikut menjejali padatnya kota Jakarta. Hampir tidak ada lahan kosong yang dapat dijadikan sebagai ladang tempat bermain anak-anak. 


Namun meski demikian, anak-anak Jakarta masih bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang ceria dan pintar sebab banyaknya tempat rekreasi di Jakarta yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan refreshing anak-anak. Bahkan tak sedikit anak-anak yang bersekolah di luar kota pun datang kemari untuk melakukan study tour atau sebagai tempat liburan di Jakarta.



Tempat Wisata di Jakarta



Tempat Rekreasi Anak di Jakarta



Tempat liburan di Jakarta tersedia dalam berbagai macam pilihan. Oleh sebab itu anda dapat memilihnya sesuai dengan hobi serta kesenangan keluarga anda. Biasanya akan lebih berkesan jika anda dan keluarga mengunjungi tempat wisata selain mall di Jakarta


Agar tidak bingung ataupun bosan karena hanya mengetahui tempat yang itu-itu saja, berikut adalah tempat rekreasi di Jakarta yang cocok untuk anak-anak.



1. Kidzania


Bagi anda yang memiliki anak kecil rasanya wajib hukumnya untuk datang ke Kidzania bersama buah hati anda. Di sini, anak-anak bisa menemukan banyak inspirasi sehingga ia memiliki cita-cita dalam hidupnya. 


Sedikitnya, ada 71 paviliun yang tersedia dimana anak-anak dapat melakukan peran secara aktif sebagai pemegang suatu profesi. Setiap anak bebas mencoba untuk menjadi apapun. Misalnya menjadi dokter, petugas SPBU, penjaga toko, pemadam kebakaran, ataupun berbagai profesi lainnya. 


Selain itu, anak anda juga dapat berperan sebagai orang dewasa yang mampu pergi ke supermarket, mengendarai mobil, berkunjung ke rumah sakit ataupun hal-hal lainnya sehingga daya kreatif anak dapat bertambah dengan baik. Wow, sepertinya Kidzania bisa menjadi tempat liburan di Jakarta yang paling asik sekaligus sangat merupakan wisata pendidikan. Anak-anak dapat bermain sekaligus belajar banyak hal tentang kehidupan dewasa nanti.  


Jika berminat, datang saja ke Pasific Place Mall Lantai 6 di Jalan Jenderal Sudirman kav 52-53 Jakarta Pusat. Cukup membayar uang sebesar 100 ribu rupiah, anak anda dapat bermain sepuasnya dari pukul 09.00 – 20.00 WIB. 



Kidzania Jakarta



2. Planetarium


Jika anak anda tertarik dengan dunia luar angkasa, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi planetarium. Sesuai dengan namanya, disini anak-anak akan diajak menjelajahi luar angkasa. Mulai dari mempelajari galaksi-galaksi, tata surya, rasi bintang, komet-komet yang berjatuhan, serta segala hal yang berkaitan dengan luar angkasa. 


Kerlap-kerlip bintang di atas, ditambah dengan panduan dan penjelasan seorang Pemandu, serta tempat duduk yang sudah didesain sedemikian rupa, membuat kita seolah-olah merasakan sensasi berada di luar angkasa yang sesungguhnya. Tak usah ragu untuk datang kesini, anda dan anak anda dijamin akan merasa takjub dengan persembahan yang ditampilkannya. 


Di samping sangat bermanfaat, harganya yang terjangkau menambah daya tarik tersendiri bagi tempat ini. Cukup membayar Rp 3.500 untuk anak dan Rp 7.000 untuk dewasa anda dapat berlibur dengan puas dan menambah pengetahuan anak anda. 


Lokasinya terletak di Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Adapun jam pertunjukan untuk umum adalah pukul 16.30 di hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat. Serta pukul 14.30 di hari Sabtu dan Minggu. Agar lebih asik, sebaiknya datanglah kemari bersama rombongan dalam jumlah besar.



Planetarium Jakarta



3. Cibubur Garden Diary


Tempat rekreasi di Jakarta kali ini lokasinya terletak di Kompleks Peternakan DKI Blok C No 1 Pondok Ranggon Cipayun, Jakarta Timur. Dengan membayar uang sebesar Rp 65.000, anak anda dapat bermain sekaligus mengenal hewan-hewan ternak. 


Pengalaman serunya memerah susu sapi menambah daya tarik tersendiri bagi anak-anak kecil. Di samping itu, di Cibubur Garden Diary anak-anak dapat bermain di area playground sepuasnya.



Cibubur Garden Diary Jakarta



4. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara


Tempat menarik berikutnya adalah Taman Saka Bhayangkara. Di sini anak-anak dapat belajar aneka ragam rambu-rambu lalu lintas sehingga ia mampu tertib saat berlalu lintas nanti. Mobil-mobilan serta sepeda mini dapat digunakan sebagai sarana untuk berkeliling di area simulasi lalu lintas. 


Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh anda yang ingin mengajarkan disiplin berlalu lintas sejak dini kepada anak-anak. Harga tiket masuknya pun sangat murah. Anda tinggal datang ke Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur dan membayar tiket seharga Rp. 10.000.



Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara Jakarta



5. Museum-museum


Selain taman, museum-museum adalah tepat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak. Selain bermain, anak pun akan belajar mengenai berbagai macam sejarah-sejarah penting. Museum Bank Indonesia misalnya, di sini anak dapat bermain sekaligus belajar tentang perkembangan perbankan di Indonesia. 


Ada berbagai macam koleksi mata uang yang dapat menjadi daya tarik bagi pengetahuan si buah hati. Bagi kita yang awam pun bisa sekalian belajar tentang tugas, fungsi, kebijakan-kebijakan, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan Bank. 


Lokasinya terletak di jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat. Anda bisa mengunjunginya pada hari Selasa-Jumat pukul 08.00-15.30 dan Sabtu Minggu pukul 08.00-16.00 secara gratis.



Museum Layang-Layang Jakarta



Di samping itu, museum layang-layang adalah alternatif lainnya. Bagi anak laki-laki tentu tempat ini sangatlah menarik. Meski di Jakarta tidak ada banyak lahan untuk bermain layang-layang secara bebas, namun anak-anak di Jakarta tetap dapat mengenal berbagai bentuk layang-layang layaknya anak desa. 


Selain itu, anak-anak juga dapat belajar melukis sekaligus menerbangkan layang-layang hasil karyanya disini. Cukup membayar Rp. 10.000 untuk bisa masuk ke museum layang-layang yang berlokasi di Jl. H. Kamang No 38 Pondok Labu, Jakarta Selatan.


Jika anak laki-laki menyukai layang-layang, maka biasanya anak perempuan menyukai boneka. Oleh karena itu, anak perempuan bisa diajak mengunjungi museum wayang. 


Loh kok wayang? Hehe tenang, selain mengenal warisan leluhur (wayang) yang sudah lama ditinggalkan, disini anda juga dapat melihat berbagai boneka yang berasal dari Eropa hingga Kolombia sekalipun. Menarik bukan? tiketnya pun murah meriah, cukup membayar Rp. 2000 rupiah untuk dawasa, dan Rp. 6000 rupiah untuk anak. Alamatnya ada di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 berdekatan dengan Museum Bank Indonesia.


-


Jika ditanya adakah tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk anak? Jawabannya bukan ada, tapi banyak sekali. Ada ratusan tempat wisata Jakarta yang sangat cocok dijadikan sebagai pilihan tempat bermain dan belajar anak anda. The Playground, Taman Impian Jaya Ancol, Dunia Fantasi, Sky Rink, Pinisi Edutainment Park, Taman Mini Indonesia Indah dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya. Tempat rekreasi di Jakarta tersebut sangat wajib anda kunjungi satu per satu di setiap akhir pekan. Ayo yang sayang anak, ajak mereka berlibur yaa!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang