Tempat wisata di Jakarta apa yang terbaik untuk dikunjungi?

Dilihat 403 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) adalah Ibu Kota Negara Indonesia yang wilayahnya sepadan dengan propensi yang ada di Indonesia. Sebagai ibu kota negara, Jakarta merupakan icon penting. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa, yang dulu di kenal dengan Sunda Kelapa sebelum tahun 1527 kemudian menjadi Jayakarta (1527-1619), berubah lagi menjadi Batavia atau Jacatra (1619-1942) pada jaman penjajahan Belanda dan akhirnya menjadi Djakarta (19422-1970). Jakarta dijadikan pusat bisnis ekonomi, pusat politik, dan pusat kebudayaan Indonesia dan terdapat kantor duta besar negara-negara tetangga ada di kota ini.  Letaknya yang strategis tak dipungkiri kalau Jakarta dijadikan kota primadona. Sebagai ibukota metropolitan, Jakarta memang dijadikan salah satu kota tujuan wisata yang sering didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Jakarta memiliki suhu udara yang panas dan kering atau beriklim tropis tak heran kalau di Jakarta banyak dijumpai tempat wisata pantai.

 wisata  di jakarta

Tempat Wisata di Jakarta


Monumen Nasional (Tugu Monas)

Wisata yang harus dikunjungi salah satunya adalah Monas. Tugu Monas salah satu wisata di jakarta yang dijadikan salah satu simbol kemerdekaan Indonesia, tugu monas didirikan oleh Soekarno presiden pertama Indonesia dengan tujuan mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah. Tinggi monas sekitar 132 meter yang bermahkotakan lidah api yang terbuat dari perunggu berukuran tinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter dilapisi dengan lempengan emas seberat 50 kg. Tugu monas dilengkapi dengan museum yang di dalamnya terdapat tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan. Untuk mencapai puncak monas kamu bisa naik lif yang bisa membawa sampai puncak dan melihat keramain kota Jakarta.


       


Bangunan Bersejarah di Jakarta

Bangunan bersejarah merupakan wisata di Jakarta yang perlu kamu kunjungi. Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang harus kamu kunjungi ketika kamu sedang berada di Jakarta. Selain itu Jakarta juga memiliki lebih dari 150 mall yang tersebut di seluruh sudut Jakarta. Tapi kali ini, mari kita kesampingkan dulu mengenai mall - mall tersebut. Karena ada banyak sekali tempat wisata di Jakarta selain mall.

Tempat yang pastinya harus kamu masukan dalam daftar tempat wisata di Jakarta yang akan kamu kunjungi selain Monas adalah  kota tua sebagai daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Jakarta. Bagi kamu yang suka mendatangi tempat bersejarah,ada banyak tempat wisata bersejarah di Jakarta yang dapat memuaskan rasa keingintahuanmu terhadap berbagai bangunan bersejarah di Jakarta, mulai dari kota tua, monumen proklamator, sampai dengan galangan kapal VOC. Di kota tua sendiri ada banyak bagunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti museum fatahillah, museum Bank Indonesia, museum wayang, dan lain sebagainya.


               


Gedung Kesenian Jakarta

Kalau kamu ingin melihat pameran seni atau pertunjukkan seni, kamu bisa melihat jadwal di Gedung Kesenian Jakarta (di Pasar Baru) atau Taman Ismail Marzuki di Cikini, keduanya memiliki pertunjukkan setiap Minggunya dengan harga yang terjangkau. Keduanya benar-benar pengalaman berharga! Taman Ismail Marzuki merupakan tempat wisata seni dan budaya yang sangat menarik di Jakarta. Di sini kamu juga bisa masuk ke platenarium untuk menyaksikan berbagai peristiwa langit di alam semesta. Kamu juga dapat melihat latihan violin di Taman Suropati setiap Minggu pagi. 


Ada satu event yang menarik yang dapat kamu saksikan setiap hari minggu di jakarta, yaitu Car Free Day yang berlokasi di sepanjang jalan Sudirman - Thamrin. Di sana kamu dapat berlari, bersepeda, rollerblading, skateboarding, melakukan cardio bersama (senam), dengan ribuan orang Jakarta. Tempat ini sendiri sebenarnya bukan merupakan salah satu tempat wisata di jakarta.  


      


Selain waktu Car Free Day yang sudah ditetapkan, yaitu jam 06.00 - 11.00 setiap minggu pagi, jalan Sudirman dan Thamrin biasanya dipadati oleh kendaraan bermotor. Namun saat Car Free Day, pemandangan tersebut berubah menjadi lautan manusia yang antusias berolahraga.


Pantai Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah

Pantai ancol mempunyai pesona tersendiri untuk di datangi keindahan pantainya yang membuat banyak pengunjung datang ke tempat ini. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini banyak dikunjungi oleh keluarga yang memanjakan anak-anak untuk bermain, seringkali orang mengajak keluarga, termasuk anak - anaknya untuk turut serta. tujuan wisata keluarga yang menarik di Jakarta dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan anak - anak. Namun menghabiskan waktu seharian untuk mengunjungi tempat - tempat tersebut dapat menjadi hal yang menjemukan bagi mereka. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik dimana kamu bisa membawa anak - anakmu bersenang - senang.


            

Ancol yang terletak di Jakarta Utara merupakan salah satu tempat hiburan keluarga yang paling lengkap. Di dalamnya ada taman bermain Dufan, akuarium raksasa Seaworld, dan berbagai wisata air.


Tempat wisata yang tak kalah menariknya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kamu bisa melihat segala bentuk rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu juga terdapat berbagai museum di dalam TMII, termasuk museum IPTEK yang sangat bermanfaat untuk membantu anak - anak mempelajari mengenai sains. Bermacam-macam budaya di Indonesia terdapat di tempat ini. Tak cukup satu hari untuk berkunjung ke jakarta.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang