Tiga langkah utama respirasi aerobik apa yang dipertimbangkan?

Dilihat 283 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Respirasi aerob adalah proses dimana energi dari glukosa dikeluarkan dalam bentuk oksigen. Tiga langkat utama respirasi aerob adalah: Glikolisis, Siklus Krebs dan Rantai Transpor Elektron.

Glikolisis mengambil tempat di sitoplasma sel. Glukosa itu sebagian dioksidasi dan dipecah kedalam 3 molekul karbon. Proses glukosa menghasilkan 2 molekul ATP dan 2 molekul NADH. Molekul NADH membawa 2 energi elentron. Sel-sel nya nantinya akan menggunakan elektron-elektron ini.

Siklus Krebs: molekul-molekul diproseskan untuk menghasilkan energi yang disimpan diantara ikatan molekul mereka. Energi dihasilkan dalam bentuk ATP. Siklus ini juga disebut sebagai siklus asam sitrat.

Rantai Transpor Elektron merupakan tahap akhir dalam respirasi aerob. Dalam langkah ini, sisa energi yang tidak dikeluarkan selama tahap-tahap sebelumnya dikeluarkan oleh rantai transpor elektron. Jaringan elektron yang membawa protein ke membran dalam sel itu disebut rantai transpor elektron. Disini, elektron dan proton ditambahkan kedalam oksigen. Air pun diproduksi. Ketika proton melintasi membran sel, ATP itupun dikurangkan.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang