Tinggiku 5'3" dan beratku 175 pon. Kami sudah mencoba untuk hamil selama 2 tahun, tapi kami tidak cukup biaya untuk membayar Bayi Tabung yang mahal. Apa yang harus aku lakukan?

Dilihat 11 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tentu setiap pasangan, khususnya di Indonesia, memiliki keturunan adalah hal yang penting dalam sebuah keluarga. Kehamilan bagi wanita adalah sebuah citra di mana dia akan menjalankan sebuah peran ibu dalam rumah tangga untuk itu banyak wanita yang memimpikan untuk mendapatkan seorang anak dari rahimnya. 


Anak juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kehidupan kelarga menjadi lebih berwarna. Namun sayangnya ada beberapa pasang yang tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan keturunan karena alasan tertentu. 


Bagi anda yang juga memiliki kondisi demikian, saya harap anda tidak pernah menyerah untuk berharap memiliki keturunan karena di zaman sekarang banyak sekali cara agar cepat hamil yang bisa anda jalani. Dalam artikel ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai tips agar cepat hamil yang bisa anda lakukan. 


Kehamilan selalu ditunggu setiap pasangan


Memiliki Keturunan 


Memiliki keturunan adalah salah satu tujuan dari pasangan yang telah resmi menikah, tentunya mereka menginginkan kehadiran anak yang bisa membuat kehidupan pernikahan mereka lebih berwarna. 


Bukan hanya itu, memiliki keturunan juga dianggap sebagai hal yang selalu ditanyakan jika seorang pasangan tidak kunjung memiliki momongan padahal sudah cukup lama menikah. 


Hal ini sangatlah wajar di Indonesia dimana budaya kita memiliki momongan memang adalah salah satu prioritas yang dianggap penting setelah menikah. Terkadang hal ini membuat beberapa pasangan yang kini belum kunjung memiliki anak menjadi terbebani dengan berbagai pertanyaan yang memang juga ada di benak mereka. 


Sebagian dari mereka lebih memilih untuk berkonsultasi dengan beberapa orang ahli medis untuk mencari cara agar cepat hamil. Bahkan beberapa pasangan rela mengeluarkan banyak biaya untuk mewujudkan mimpi mereka memiliki keturunan. 



Fertilisasi



Masalah Reproduksi/Infertilitas


Kita kembali dengan kasus anda, di mana anda bertanya, mengapa saya tidak kunjung hamil setelah 2 tahun menikah? Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang tidak memiliki keturunan, salah satunya adalah faktor kesehatan reproduksi yang dimiliki oleh kedua atau salah satu pasangan. 

Permasalahan dalam hal reproduksi bisa saja ada pada diri wanita ataupun pria. 

Dalam hal ini anda tidak memberikan informasi medis apapun tentang masalah anda ini. Jadi saya anggap anda tidak pernah mengunjungi seorang profesional (dokter atau bidan) untuk mengkonsultasikan masalah ini, jadi kita akan mulai dengan fertilitasi atau pembuahan dasar yang gagal. 


Maksud dari fertilitasi yang gagal ini adalah proses dimana anda berhubungan seks dengan pasangan anda, tetapi tidak terjadi fertilitasi yang sukses. 


Berikut adalah dua tipe infertilitas yang biasanya dilakukan oleh beberapa pasangan ketika berhubungan seks:


  • Infertilitas Primer: Ketika seorang wanita tidak dapat mempunyai anak, entah karena memang tidak bisa hamil atau memang tidak bisa bisa mengandung hingga melahirkan. Hal seperti itu akan dikategorikan sebagai infertilitas primer. Wanita yang kehamilannya mengalami keguguran, atau yang hamil dan melahirkan anak tetapi anak yang dilahirkan biasanya tidak bisa bertahan ata meninggal.

  • Infertilitas Sekunder: Ketika seorang wanita tidak mempunyai anak, entah karena tidak bisa hamil hingga melahirkan diikuti dengan kehamilan sebelumnya. Dia akan dikategorikan memiliki infertilitas sekunder. Mereka yang beberapa kali mengalami keguguran atau mereka berhasil hamil tetapi tidak sampai pada taham melahirkan.

Sekarang setelah kita mendefinisikan dan mengidentifikasikan masalahnya, ayo kita bicarakan solusi yang bisa anda lakukan. Sayangnya, tidak ada yang bisa anda atau pasangan anda lakukan untuk mencapai kehamilan tanpa konsultasi dengan seorang profesional. 


Melakukan program bayi tabung bukanlah salah satu cara agar cepat hamil yang bisa dilakukan dalam dunia medis. Yang saya maksud adalah anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan mencari tahu apa permasalahan yang membuat anda tidak kunjung hamil. 


Faktor yang menyebabkan sulit hamil


Faktor yang Dapat Menghambat Kehamilan


Seperti yang sudah dianjurkan sebelumnya, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan anda tidak kunjung hamil dengan berkonsultasi dan memeriksakan diri anda dan pasangan anda ke dokter. 


Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab anda tidak kunjung hamil anda bisa melakukan beberapa pengobatan medis atau anda bisa memiliki pengobatan tradisional yang biayanya lebih ringan. Kehamilan atau terjadinya fertilisasi yang berhasil biasanya sering dikaitkan dengan tingkat kesuburan seseorang baik itu anda ataupun pasangan anda. 


Namun dalam kondisi tertentu tingkat kesuburan seseorang bisa saja terganggu karena beberapa hal seperti: 

Untuk mengetahuinya anda dan pasangan anda perlu melakukan pemeriksaan agar dapat menemukan masalahnya sehingga anda bisa menemukan cara agar cepat hamil


Konsultasi dengan dokter/bidan


Biasanya proses pemeriksaan akan melalui berbagai jenis tes yang spesifik, berikut adalah tes yang akan anda lalui:


1. Konsultasi Sejarah Seksual dan Medis


Konsultasi ini meliputi pertanyaan yang akan dokter ajukan tentang sejarah seksual dan juga medis yang pernah anda lalui. Seperti sejarah siklus menstruasi anda dan aktivitas seksual yang biasanya anda lakukan dengan pasangan anda. Hal ini akan selalu menjadi tahap pertama dalam konsultasi profesional oleh seorang dokter ahli. 


Beberapa pertanyaan yang akan diajukan seperti, apa ada kondisi medis yang anda punya? Apakah anda pernah menderita penyakit kronis? Apakah anda pernah menjalankan operasi untuk penyakit tertentu? Apakah anda pernah menderita penyakit seksual yang menular? Dan juga pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan riwayat seksual dan medis anda juga pasangan anda. 



2. Tes Darah dan Tes Urin


Tingkat hormon dalam darah akan diuji pada kalian berdua, dan juga tingkat glukosa (bisa saja anda terkena diabetes dan tidak mengetahuinya). Hal ini akan memberikan kita pengelihatan tentang bagaimana kelenjar anda bekerja. Ketidakseimbangan hormon dalam kelenjar lain bisa juga mengganggu aktivitas ovarium dan testis yang normal, dan tidak mungkin kalian tahu hal ini sebelum melakukan tes darah. 


Tes untuk penyakit seksual menular juga sangat penting disini. Kebanyakan orang tidak memiliki gejala apapun ketika mereka terinfeksi, jadi infeksinya dapat menyebar dan dapat merusak sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Jadi, melakukan tes itu sangatlah penting.


Beberapa tes yang hars dilalui untuk mengetahui penyebab sulit hamil

3. Uji Ginekologi dan Uji Pap smear


Hal ini umum, tapi penting. Keadaan saluran vagina anda dan serviks anda saat ini harus dicek. Pemeriksaan spermiogram juga perlu dilakukan, hal ini pada intinya menganalisis hitungan sperma, morfologi, motilitas, dan lain-lain. 


Tes ini adalah tes yang sangat simpel dan sangat penting untuk mengikuti peraturan yang diberikan kepada kalian berdua oleh dokter/bidan pilihan anda supaya mendapatkan hasil yang tepat.



4. USG Transvaginal


Hal ini akan memberikan kita penjelasan pertama pada keadaan organ dalam anda. Ovarium polikistik, ketidaknormalan dalam tuba fallopi, kecacatan pada rongga rahim, rahim fibroid, polip, dan banyak lagi hal yang kiranya berhubungan dengan akibat gangguan fertilitas anda.


Tes kesehatan pada pasangan


5. Salpingography


Seharusnya ini adalah tes terakhir yang perlu anda lakukan. Jika tes-tes sebelumnya tidak memperlihatkan kecacatan, berarti kita maju ke bagian ini. Apa yang tes ini lakukan adalah memperlihatkan kita permeabilitas sistem reproduksi anda. Terkadang, tuba fallopi tersumbat, sehingga sperma tidak dapat bergerak melewati rongga rahim dan bertemu dengan telur yang matang. 



-



Sebagian besar pasangan subur menemukan jawabannya setelah satu atau lebih hasil tes ini dan hanya beberapa dari semua kemungkinan yang tidak dapat diobati. Sisanya, bisa diselesaikan dengan mudah dengan keberhasilan pengobatan, kehamilan dapat dicapai dengan cara biasa. 


Jadi, buatlah janji dengan dokter/bidan pilihan anda untuk berkonsultasi dan melakukan beberapa tes di atas. 


Biasanya juga dokter/bidan akan memberikan beberapa tips agar cepat hamil misalnya, dengan memberi tahu makanan apa yang cocok untuk meningkatkan kesuburan anda dan pasangan. Untuk sekarang ini, cobalah untuk tetap tenang. 


Terimalah jika kehamilan tidak akan bisa dilakukan dalam kurun waktu beberapa bulan selama anda dan pasangan anda melalui hal ini.


Rasa saling mendukung sangat diperlukan. Infertilitas bisa membawa banyak tekanan dalam suatu hubungan, tetapi jika anda melaluinya setiap langkah bersama dan mampu bertahan dengan semua emosi negatif, hal ini akan terasa lebih mudah. 


Bicarakan masalah anda dan ketakutan anda pada orang yang anda percayai, misalnya kedua orang tua anda. Dan tetaplah berpikiran positif. Sekarang ini, tidak ada penyebab yang tidak diketahui. 


Saya harap, informasi ini dapat membantu anda. Saya harap anda dan pasangan anda beruntung untuk mendapatkan keturunan!!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang