Transportasi apakah yang paling baik untuk mudik Lebaran?

12 Views • Asked about 12 hours ago
Saya akan pulang ke kampung ke kampung halaman untuk yang pertama kalinya, kendaraan umum apa yang sebaiknya saya gunakan?
1 Jawaban 1

Pulang ke kampung halaman terkadang memanglah sesuatu yang paling ditunggu oleh kaum perantau yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Setelah sekian lama bekerja dan terpisah dari orang tua, saudara, atau teman-teman terdekat, liburan panjang seperti Lebaran memang merupakan kesempatan terbaik untuk kembali bersua dengan mereka semua. Kegiatan yang telah termasuk tradisi di setiap hari raya ini memang telah melekat erat dalam budaya masyarakat Indonesia, dan bukanlah sebuah hal yang negatif. Berkumpulnya sebuah keluarga dalam acara yang penting tentu sangat membahagiakan.


Meskipun demikian, cerita tidak menyenangkan seputar mudik Lebaran memang selalu terdengar setiap tahun. Baik kebatalan keberangkatan, perampokan dalam perjalanan, hingga kecelakaan. Hal ini memang tidak dapat dihindari, namun setidaknya kita dapat menghindari hal-hal buruk tersebut dengan persiapan yang matang dan tidak sembarangan. Banyak peserta mudik yang nekat berkendara ratusan kilometer dengan sepeda motor, berboncengan dengan anak dan istri ataupun konvoi bersama teman-teman. 


Tapi, apakah hal ini aman untuk dilakukan semua orang? Tentu saja tidak.

Pemilihan transportasi untuk mudik 2017 ini tentu harus didasarkan pada kemampuan anda dan keadaan keluarga, serta kampung halaman anda. Berapa jumlah anggota keluarga anda? Berapa budget yang anda persiapkan? Berapa lama liburan yang anda dapatkan dari kantor, atau dari kampus? Apakah anda membutuhkan tiket mudik gratis yang seringkali disediakan oleh pemerintah dan lembaga lainnya? Pertama-tama, anda harus mengetahui jawaban dari seluruh pertanyaan tersebut, baru kemudian anda bisa menentukan alat transportasi terbaik untuk kembali ke kampung halaman.

Tentu saja semua orang ingin mudik dengan kendaraan yang nyaman, namun tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Keinginan yang wajar, namun tentu saja kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan alat-alat transportasi populer sebelum menetapkan hati untuk memilihnya.


mudik 2017



Alat transportasi apa yang terbaik untuk mudik Lebaran?



Setiap kendaraan atau alat transportasi pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, namun tentu saja kita bisa berusaha untuk meminimalisir dampak buruk dan resiko-resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan anda dalam mudik 2017. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut?


1. Mobil Pribadi

Bagi keluarga yang memiiki mobil, tentu akan lebih menyenangkan untuk bepergian dengan mobil sendiri. Selain bisa berhenti dan mampir ke mana saja sesuka hati, anak-anak pun lebih leluasa di dalam mobil. Mereka bisa tidur dengan nyaman dan bercanda ria sesuka hati, tentu saja hal yang tidak bisa didapatkan dengan kendaraan umum. Selain itu, apabila berkendara dengan mobil pribadi, anda tidak perlu repot masalah kendaraan setibanya di kampung halaman nanti.


Namun di balik itu semua, bepergian jarak jauh (katakanlah Jakarta-Surabaya) dengan kendaraan pribadi sangat melelahkan, terutama ketika anda tidak terbiasa menyetir sehari semalam. Akhirnya waktu yang anda tempuh dalam perjalanan menjadi semakin lama karena anda harus berhenti di rest area ketika mengantuk atau lelah agar terhindar dari kecelakaan fatal.

Selain itu, tidak semua orang memiliki mobil yang hemat bahan bakar. Jika anda memiliki mobil seperti Avanza atau Xenia yang mengonsumsi BBM secara ‘wajar’, maka kemungkinan masalah biaya yang akan keluar untuk pembelian bensin bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan. Namun apabila anda memiliki mobil yang cukup besar dan boros bensin seperti Nissan Terano, maka sebagian besar uang anda akan terkuras di SPBU.

Ditambah lagi, ada kemungkinan mobil mogok di tengah jalan dan terjebak kemacetan adalah sesuatu pasti akan anda hadapi.


mudik 2017


2. Pesawat

Alat transportasi yang satu ini memang yang paling cepat dan mudah. Anda pun tidak perlu repot mengurus barang bawaan anda, karena anda tinggal menyerahkannya di konter ketika check-in dan mengambilnya kembali setibanya di bandara tujuan anda. Perjalanan yang anda tempuh pun sangat singkat, dalam hitungan jam, bahkan menit, anda telah tiba di kampung halaman.


Permasalahan untuk kendaraan satu ini adalah tiket yang relatif mahal ketika mendekati hari besar, terutama Lebaran. Meskipun sudah banyak aplikasi travel online yang menyediakan tiket pesawat dengan harga yang cukup miring dan ditambah promo gila-gilaan, harga tiket pesawat akan melonjak sangat tinggi apabila anda membelinya di waktu yang sangat mepet. Hal ini bisa diatasi dengan menyiapkan tiket pesawat jauh-jauh hari, setidaknya sekitar 1-2 bulan sebelum hari keberangkatan anda. Dan apabila menggunakan aplikasi travel, jangan lupa gunakan promo yang mereka tawarkan untuk menghemat uang saku anda.


Hal lain yang perlu dicermati adalah keterlambatan penerbangan atau sering dikenal dengan delay. Ada beberapa maskapai penerbangan yang terkenal dengan keterlambatannya, yang paling banyak dibicarakan saat ini adalah LionAir. Harga tiket yang mereka tawarkan memang murah, hampir setara dengan AirAsia, namun resiko keterlambatan juga tinggi. Apabila siap menghadapi resiko ini, maka bukan masalah bagi anda. Namun jika anda tidak mau membuang waktu untuk menunggu beberapa jam di bandara, maka anda bisa memilih alternatif maskapai lainnya dengan harga yang lebih mahal.


mudik 2017

3. Kereta Api

Ini adalah pilihan yang paling populer di kalangan perantau yang masih berada dalam satu pulau. Selain murah dan cepat, gerbong kereta pun kini sangat nyaman karena semuanya sudah dilengkapi dengan AC, tanpa terkecuali. Selain itu, PT. KAI juga selalu membagikan ribuan tiket mudik gratis bagi para perantau yang membutuhkannya. Anda harus mendaftar terlebih dahulu secara online untuk mendapatkannya, dan pendaftaran mudik gratis ini akan ditutup ketika kuota telah terpenuhi.


Hal lain yang cukup merepotkan untuk mudik dengan kereta api adalah tiketnya yang terbatas. Pihak KAI selalu menambahkan gerbong, namun gerbong-gerbong tambahan ini pun sangat terbatas jumlahnya. Anda harus membeli tiket setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan, karena tiket kereta api bisa ludes dalam hitungan menit. Tiket kereta api pun bisa dibeli melalu aplikasi travel online, dan ada banyak promo dan diskon yang bisa anda dapatkan dalam rangka menyambut Lebaran tahun ini.


mudik 2017


4. Bus

Mudik dengan bus memang agak sedikit berat bagi sebagian orang, apalagi jika jarak yang ditempuh sampai lintas pulau. Perjalanan dengan bus memang cukup memakan waktu, ditambah lagi tubuh juga pegal-pegal karena duduk terus menerus. Namun, mudik 2017 anda bisa jadi menyenangkan dengan bus apabila anda suka menikmati pemandangan, berinteraksi dengan penumpang-penumpang lainnya, dan tidak terburu-buru. Meskipun demikian, perjalanan dengan bus tetap lebih cepat apabila dibandingkan dengan berpergian menggunakan mobil pribadi.


Harga tiket bus pun telah terjadwal dan anda bisa memeriksanya sejak jauh-jauh hari. Bus malam seperti Lorena, Rosalia, dan Gunung Harta biasanya tidak akan mengalami lonjakan harga yang keterlaluan seperti pesawat atau kereta api, dan tiket pun bisa didapatkan dengan mudah di agen terdekat atau di terminal bus. Di hari biasa, bahkan anda bisa membeli tiket bus di tempat persis pada hari keberangkatan.



Tiket Mudik Gratis


Setiap Lebaran tiba, ada banyak pihak dan instansi yang kerap menyediakan tiket gratis.

Untuk mudik 2017 ini, pemerintah menyalurkan tiket mudik gratis melalui Dinas Perhubungan, dan moda transportasinya pun beragam, ada sepeda motor, kereta api, dan bus yang ditujukan bagi masyarakat menengah ke bawah dan jumlah kuota peserta dibatasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, persyaratannya beragam, seperti tidak ada pembatalan tiket dan setiap keluarga harus mendaftar secara online, mengisi formulir, dan memastikan bahwa mereka memenuhi syarat.

Dengan tiket gratis ini, rute perjalanan telah ditetapkan oleh pihak penyelanggara, jadi pastikan dulu bahwa kampung halaman anda termasuk dalam salah satu rute yang tercantum dalam daftar yang telah disediakan.


Tidak hanya pemerintah, perusahaan lokal seperti teh Sariwangi dan susu Frisian Flag juga kerap menyelenggarakan mudik gratis setiap tahun. Sebenarnya ada sangat banyak kesempatan untuk mendapatkan tiket gratis ini, namun tentu saja fasilitas yang diberikan tidak berlebihan. Apabila anda adalah orang yang mampu secara ekonomi, akan lebih baik jika anda memberikan kesempatan tersebut kepada yang lebih membutuhkan.



Mudik Lebaran dengan Aman dan Nyaman

Jika anda memiliki anak kecil, sebaiknya jangan paksakan diri untuk mudik dengan menggunakan sepeda motor, karena berbahaya dan sangat melelahkan. Namun apabila terpaksa, maka sering-seringlah berhenti untuk beristirahat di rest area, warung makan, atau pos-pos yang telah disediakan polisi untuk para pemudik.


mudik 2017


Apabila anda ingin pergi dengan mobil pribadi, persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang. Jangan lupakan makanan dan minuman, juga obat-obatan. Hal yang sama berlaku pada orang-orang yang ingin pergi dengan menggunakan bus. Apabila anda mudah mabuk darat, jangan lupa untuk membawa permen dan obat anti mabuk yang banyak dijual bebas di apotek dan toko-toko. Meskipun bus malam seperti Lorena selalu menyediakan selimut di setiap kursi, jangan tinggalkan baju hangat atau jaket, karena bus akan menjadi sangat dingin pada malam hari. Dan selalu charge penuh handphone dan powerbank anda agar tetap terhibur selama perjalanan.

Selalu berhati-hatilah dengan barang bawaan anda, dan jagalah kesehatan anda. Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai tujuan.


Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang