Untuk balapan jalanan, motor apa yang terbaik di kelas motor 150-160cc di Indonesia?

Dilihat 589 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor atau yang disebut balap motor, atau road race di Indonesia sudah cukup populer. Road race adalah kejuaraan balap motor yang dilakukan di jalan beraspal biasanya dilakukan ditempat khusus dengan kecepatan tinggi dengan mengelilingi sirkuit. Balapan ini dilakukan secara bersama-sama dengan jumlah penonton yang cukup banyak.

Balapan motor juga sering dilakukan di jalanan umum atau disebut juga dengan Balap motor liar  hal ini sering dilakukan secara sembunyi-sembunyi pada malam hari jika jalanan mulai sepi. Motor balap liar telah lama dilarang oleh polisi karena dapat mengganggu kendaraan lain dan membahayakan masyarakat disekitar lokasi. 

Di Indonesia, balapan motor bukan jenis road race saja, ada juga balap motor jenis yang lain yang sering diselenggarakan, seperti motor cross, drag bike, grass track, super sport, dan trial motor. 

Salah satu kategori mode balap motor yang paling sering ditemukan pada olahraga otomotif adalah drag race. Drag race adalah balapan trek lurus, yang biasanya digunakan oleh pengguna motor 2-tak, karena tipe mesin 2-tak ini dapat melesat sangat cepat di awal start dan seterusnya. Dua pembalap drag race biasanya berada di belakang garis start secara bersamaan dengan tanda start berupa lampu. Setelah tanda start dinyalakan, dua pembalap memacu motornya melewati dua lintasan balap atau drag Strip. Umumnya panjang lintasan seperempat mil atau lebih kurang 400 meter (1.320 kaki), selanjutnya waktu tempuh mereka dicatat dan dihitung. Pembalap yang dapat menyelesaikan lintasan dengan waktu paling cepat melewati garis finish, maka dialah pemenangnya. 


balapan motor



Balapan Motor dengan Trek Lurus


Drag race saat ini banyak sekali digemari oleh kalangan pecinta balap motor, terutama oleh para pemuda yang menyukai balapan motor untuk memacu adrenalin mereka.

Drag race biasanya banyak dilakukan oleh pembalap motor untuk balap motor liar di jalan umum. Balap motor liar seperti ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan aktivitas seperti ini sudah ada di berbagai daerah. Balapan liar seperti ini sering kali menjadi ajang adu gengsi kelompok, mencari pengakuan antar anggota atau lawan, bahkan juga menjadi wadah untuk perjudian karena setiap balapan selalu ada uang taruhan, mulai dari ratusan ribu bahkan sampai jutaan rupiah. 


Balapan seperti ini sudah menjadi target operasi polisi, disamping membahayakan juga melakukan perjudian yang dilarang keras di Indonesia. Balapan motor liar ini juga meresahkan warga pengguna jalan dan mengancam nyawa para pelakunya, karena seringkali mereka melakukan balapan ini tanpa menggunakan standar keamanan pengendara seperti balapan di malam hari tanpa menggunakan atau menyalakan lampu kendaraan dan tanpa mengenakan helm.


Walaupun kegiatan adu balap motor liar sudah sering diperingatkan dan dibubarkan oleh pihak kepolisian, namun para pelaku tetap saja melakukan balap liar sepertinya balapan liar seolah-olah sudah menjadi hiburan tersendiri bagi para pemuda penggemar sepeda motor.


balapan motor




Kriteria Untuk Melakukan Balapan Liar


Ada beberapa kriteria arena yang digunakan untuk melakukan balapan liar yaitu: jalan harus rata tidak bergelombang, jauh dari Polsek, jalan sepi yang lurus dekat dengan gang-gang kecil, dan jalan bercabang. Hal ini bertujuan untuk antisipasi kabur manakala ada operasi dari aparat keamanan. 

Balapan liar di kalangan anak muda sering terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor, seperti:

  • Tempat untuk melakukan balapan liar sangat mudah ditemukan, karena hanya berupa jalan yang lurus saja. 
  • Tidak adanya sirkuit untuk balapan, sehingga para pencinta otomotif memilih jalan raya sebagai pengganti untuk balapan 
  • Adanya uang taruhan, hal ini juga bisa membuat faktor balapan liar menjadi hobi. 
  • Menjaga gengsi dan nama besar. Balapan liar juga merupakan ajang jaga gengsi dan pertaruhan nama besar. 
  • Menjadi kesenangan dan memacu adrenalin. Para pelaku balapan liar mereka mengaku mendapat kesenangan dari sensasi balapan liar yang ekstrim tersebut. 

balapan liar




Jenis-jenis Motor Untuk Balap Liar


Jenis-jenis motor yang digunakan dalam balap motor liar biasanya menggunakan motor 2-tak karena dianggap memiliki tenaga yang dahsyat mulai dari start sampai seterusnya, bahkan tidak jarang mekanik mengutak-atik mesin untuk menghasilkan performa motornya yang ekstrim.


Performa dan kecepatan adalah segalanya untuk sebuah kompetisi drag atau adu cepat. 


Namun sekarang tidak jarang motor 4-tak yang digunakan untuk balapan. Bahkan sudah banyak bengkel- bengkel yang memodifikasi motor standar menjadi motor balap liar atau disebut motor korekan, dengan cara memodif atau mengganti dengan spare part racing yang khusus untuk balap agar lebih bertenaga, mulai dari knalpot, pelek, komponen elektrikal, part-part mesin dan juga aksesoris lainya. 

Motor balap memiliki lubang yang lebih lebar dan pendek berguna untuk akselerasi yang lebih cepat, putaran yang lebih cepat, dan pembukaan katup yang dapat mengakomodasi aliran pembakaran, dan pengeluaran bensin yang lebih cepat, karena motor balap harus melakukan lebih banyak pekerjaan dibandingkan motor biasa dalam rentang waktu yang sama. Di samping itu perpindahan giginya juga lebih dekat. 

Untuk memodif motor standar menjadi motor balap tersebut tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, karena spare part racing biasanya lebih mahal dari spare part biasa. Tidak seperti sepada balap atau sepeda gunung yang spare part-nya tidak terlalu mahal dan rumit.


balapan motor



Motor apakah yang terbaik di kelas 150-160 cc di Indonesia?. 


Pada dasarnya semua motor di kelas 150-160 memiliki performa dan kecepatan yang cukup bagus untuk balapan, tetapi juga tidak menutup kemungkinan selain adanya keunggulan ada juga kelemahanya. 

Namun sebagai bahan pertimbangan, motor yang cukup dianggap baik untuk dimodifikasi menjadi motor balap liar kelas 150-160 cc di Indonesia dengan mesin SOHC4 VALVEZ Overstrake ternyata lebih unggul dan menjadikan Yamaha selalu menjadi juara seperti MX King dan Jupiter MX yang mampu mengalahkan Honda CB150R. Bahkan pembalap asal Spanyol Marc Marquez mengakui bahwa motor Yamaha lebih kencang dibandingkan Honda walau selisihnya beberapa detik saja.


Dengan mengetahui kelebihan dan kekurang dari sepeda motor semoga kamu bisa memilih mana yang lebih baik untuk dijadikan balapan. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang