Wajah saya penuh degan tanda hitam dan jerawat..??

Dilihat 210 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sebenarnya cukup mudah untuk membersihkan wajahmu. Ada obat dan prosedur yang bisa membantu menangani masalah ini, tapi hal yang lebih penting dibanding menghilangkan bekas luka yang ada, adalah mencegah jerawat datang kembali. 


Kamu bisa melakukan salah satu dari dua cara di bawah untuk membersihkan wajahmu dari jerawat:

  1. Perawatan dengan laser. Ini merupakan proses dimana bagian terluar kulit disingkaikan dengan menggunakan sinar laser yang akan menghilangkan bekas luka yang ada di wajahmu dan memberikan tekstur wajah yang lebih mulus. 
  2. Peeling Kimia : Pada metode ini, sebuah lapisan kimia akan dioleskan ke wajahmu yang ketika diangkay akan ikut mengangkat lapisan kulit terluar dan membuat wajahmu bersih dari bekas jerawat. Metode ini lebih murah dibanding perawatan laser. Tapi ada beberapa jenis peeling kimia dengan efek yang berbeda, seperti Glycolic Acid, Phenol, dll. Peeling yang lebih kuat tidak harus dilakukan berulang kali, walaupun peeling yang ringan mungkin harus dilakukan beberapa kali. Setelah melakukan peeling kimia, hindari paparan sinar matahari karena biasanya kulit menjadi lebih sensitif. 

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan krim pencerah kulit. Untuk menghindari jerawat untuk sementara waktu, kamu bisa menggunakan fosfat klindamisin dan nicotinamide. Cucilah wajahmu dengan krim / gel untuk pengelupasan kulit dan lanjutkan dengan pembersih wajah. Hal tersebut akan membantu membersihkan kotoran yang menumpuk pada pori - pori kulit. 


Konsultasikan dengan ahli kulit sebelum menggunakan produk perawatan wajah apapun atau sebelum melakukan kedua prosedur di atas. Selain itu, konsultasikan juga dengan ahli kulit mengenai penyebab dari masalahmu - jerawat bisa disebabkan karena berbagai faktor dan walaupun gejalanya mungkin lebih banyak atau lebih sedikit, penyebabnya bisa berbeda - beda dan penanganan harus disesuaikan dengan penyebab dari munculnya jerawatmu. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor seperti hormon, infeksi, atau penumpukan minyak dan bakteri di pori - pori kulit dan penangan untuk masing - masing kasus bisa jauh berbeda.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang