Wasir: Apakah duduk di permukaan yang keras dalam waktu yang lama bisa menyebab wasir?

Dilihat 525 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mungkin sebagian memang dikarenakan duduk di permukaan yang keras dalam waktu yang lama, tapi itu bukan penyebab wasir langsung. Hidup dengan gaya hidup yang duduk terus menerus itu lebih berhubungan wasir. Pembuluh dan otot-otot pada bagian rektum, menyebabkan darah berkum dan membengkakkan area tersebut. Supaya darah mengalir dari pembuluh, perlu melawan gravitasi. Akhirnya, tekanan menurun akan menyusul tekanan dari hanya sirkulasi darahmu dan kamu akan membentuk wasir. 

Ini beberapa langkap yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan wasirmu:

  • Usahakan jangan duduk di toilet terlalu lama. Setelah mengelap, bersihkan area dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk.
  • Oleskan lapisan tipis minyak ter, seperti Aquaphor atau Vaseline.
  • Lakukan olahraga Kegel. Langkah terakhir inilah yang paling penting, karena olahraga ini akan membentuk otot di bagian dasar panggul dan setiap lenturan mendorong darah melewati area dubur. 
Kebanyakan wasir itu tidak sakit, hanya mengganggu. Hal ini disebut sebagai wasir eksternal, dan akan hilang dengan sendirinya, terutama kalau kamu olahraga Kegel. Kalau kamu merasa sakit yang parah, ada kemungkinan kamu terkena wasir prolaps internal atau fisura anal, yang lebih parah. Cara menyembuhkan kondisi ini sedikit lebih dilibatkan, tapi sangat mirip. Kamu bisa cari informasi lebih di http://realhemorrhoidcures.com/.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang