Yang manakah yang lebih menantang secara fisik dan mental: bulu tangkis atau tenis?

Dilihat 3,23 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Olahraga kini banyak dipilih oleh banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan cara yang alami. Olahraga adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melemaskan otot-otot dan organ tubuh kita agar lebih fit dan bugar. Olahraga baik untuk kesehatan, karena itu anda sangat dianjurkan untuk berolahraga minimal seminggu dua kali. Olahraga juga adalah aktivitas yang bisa membakar lemak dengan efektif bagi anda yang sedang menjalankan program diet. 


Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan juga tetap bisa melakukan olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh tentunya dengan saran dan petunjuk dari dokter. Beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang bisa anda rasakan diantaranya olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan dan energi dalam tubuh. 


manfaat olahraga


Banyak sekali olahraga yang bisa menantang secara fisik dan mental kita dalam memainkannya. Beberapa kegiatan olahraga yang menggunakan alat seperti permainan bulu tangkis dan tenis meja dikenal memiliki manfaat untuk ketahanan tubuh. Kedua olahraga tersebut termasuk olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade nasional maupun internasional. Hal ini yang menjadikannya sebagai permainan favorit yang dimainkan banyak orang untuk kegiatan mereka berolahraga. 


Bahkan banyak masyarakat yang memainkan kedua olahraga ini sebagai hiburan penghilang stres yang ampuh. Keduanya memiliki kelebihan dan teknik yang berbeda dalam memainkannya. Permainan tenis dan bulu tangkis mampu menguji ketahanan fisik dalam aspek yang berbeda. 


permainan bulu tangkis


Perbedaan Permainan Bulu Tangkis dan Tenis Meja


Permainan yang bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih ini adalah salah satu permainan olahraga populer di Indonesia. Awal mula permainan bulutangkis berasal dari Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Permainan olahraga ini kini menjamur ke seluruh dunia dan menjadi permainan yang sering dipertandingkan antar negara. Pemain bulutangkis Indonesia juga sering mencetak para pemain bulutangkis berprestasi yang pernah memenangkan pertandingan di tingkat internasional. 


Permainan bulu tangkis adalah permainan yang jauh lebih cepat daripada tenis, saya pikir itu adalah permainan raket tercepat selain mungkin olahraga squash


Bulu tangkis juga menguji refleks, stamina dan kebugaran secara menyeluruh, sehingga untuk melakukannya dibutuhkan kondisi tubuh yang prima. Ada sedikit kemampuan lari dan kekuatan akan yang diuji, anda akan berpindah dengan cepat dalam waktu yang lama.

 

Selain itu, permainan timing dan penempatan lebih berharga daripada mengandalkan kekuatan besar. Bahkan smash tercepat pun bisa dikembalikan dengan mudah jika tidak ditempatkan dengan benar, namun sentuhan yang paling cekatan sangat dibutuhkan tepat di atas net untuk memenangkan poin. 


Beberapa peraturan dalam permainan bulutangkis bisa menjadi tantangan bagi anda. Bulutangkis lebih ke arah paket kebugaran menyeluruh dengan penekanan lebih pada kecepatan gerakan dan pemulihan. 


Untuk dapat memainkan bulutangkis dengan baik, anda bisa mempelajari tips-tips dalam bermain bulutangkis sehingga olahraga yang anda lakukan berdampak baik pada ketahanan tubuh anda.


permainan tenis meja


Permainan tenis meja adalah salah satu olahraga raket yang juga bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih. Olahraga tenis meja, meski lebih lambat tapi sebenarnya lebih menguras fisik. 


Permainan yang menggunakan meja sebagai area pertandingannya ini membutuhkan kecepatan dan ketepatan raket untuk menahan bola ping pong dari lawan. Kekuatan besar lebih berperan penting dibanding pada bulutangkis. 


Tapi timing dan penempatan juga sama pentingnya. Karena secara alami permainan tenis meja lebih lambat dan menguras tenaga para pemainnya, pukulan yang bertenaga menjadi lebih penting. 


Karena saya belum pernah bermain tenis, saya tidak bisa menyebutkan aspek fisik apa yang diuji, tapi saya bisa menduga bahwa stamina, tenaga dan timing punya tingkat kepentingan yang sama tidak seperti dalam bulutangkis yang cenderung lebih ke arah kecepatan dan ketahanan.


bulu tangkis Indonesia

Sementara secara mental, saya rasa kedua olahraga tersebut memiliki tantangan yang sama. Tiap tingkatan permainan punya tantangan dan tekanan tersendiri. 


Dalam hal konsentrasi, permainan bulu tangkis akan terlihat lebih intens karena anda diperlukan untuk membuat keputusan-keputusan dalam waktu singkat. Itu ditunjukkan dari durasi pertandingan pada bulu tangkis dan tenis meja. 

Rata-rata sebuah pertandingan bulu tangkis lamanya adalah setengah jam sedangkan rata-rata dari 3 set-nya akan 3 kali lebih lama.


Sulit mengatakan mana yang lebih menantang, pada dasarnya kedua olahraga tersebut berbeda dan sangatlah sulit untuk dibandingkan. Keduanya memiliki tantangan tersendiri walaupun tidak sama. Tentunya dengan memainkan permainan bulu tangkis atau permainan tenis meja akan tetap membuat tubuh anda lebih bugar dan fit. 


Hal ini juga berlaku pada jenis olahraga lain dimana ketepatan, ketahanan, timing, dan juga kekuatan akan berbeda satu sama lain. Itulah perbedaan permainan bulu tangkis dan tenis meja dalam hal tantangan secara fisik dan mental. Keduanya memiliki tantangan dan keunggulannya tersendiri. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang